KH. Cholil Nafis: Pentingnya Kiprah Alumni di Masyarakat

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Perkembangan zaman yang begitu pesat maka dengan sendirinya kita selaku insan yang berpendidikan juga harus bisa mempersiapkan diri kedepannya. Khususnya masyarakat Alumni dan Simpatisan yang tergabung dalam organisasi ASSCHOL.

pada kesempatan di siang hari ini, turut dihadirkan KH. Moh. Cholil Nafis, Lc. MA sebagai pmateri pada sarasehan yang bertajuk, “Eksistensi dan Peran Alumni PPSMCH Dalam Pemberdayaan Masyarakat Serta Penguatan Kelembagaan Asschol”, Sabtu (31/03).

Begitu pentingnya kiprah seorang Alumni pada masyarakat yang kemudian bisa menjadi penentu majunya sebuah kelembagaan. “Pondok pesantren itu bisa dilihat berkembang dan maju kalau Alumni nya itu berperan di masyarakat”, tutur beliau yang juga alumni dari PP. Sidogiri.

“Setiap orang yang mencari ilmu agar selalu memperhatikan tujuan dan niatnya,
hingga ketika selesai dari sebuah lembaga atau pesantren tidak hanya berfokus pada pekerjaan dan mengandalkan sebuah ijazah lantaran karena tak lagi berpikir bahwa mencari ilmu untuk mendapatkan barokah dan tak lagi berpikir bahwa mencari ilmu menghilangkan kebodohan”, jelas kiai kelahiran Sampang itu.

Banyak hal yang disampaikan oleh Putra Madura tersebut, beberapa lagi diantaranya: Hidupkan ilmu kita dimana saja, tonjolkan apa yang dimiliki oleh Alumni pada masyarakat. Adakan gerakan dari alumni dengan berkarya. Membuat sebuah program kerja baik program jangka pendek maupun jangka panjang, selanjutnya Kembangkan pola pendidikan yang maju.

KH. Cholil Nafis juga menyampaikan bahwa sebuah organisasi perlu menentukan sebuah Planing, Organising, Pelaksanaan dan Kontroling dengan tujuan agar kedepannya organisasi tersebut jelas keberadaan dan kiprahnya pada Pesantren secara khusus dan masyarakat secara luas.

Selaku orang yang ahli dalam berorganisasi, KH. Cholil menawarkan sebuah program yang mungkin kiranya bisa dilaksanakan oleh Asschol kedepannya, yakni Pengembangan program kerja pada bidang Pelatihan dan Pendidikan.

Sebelum acara sarasehan berakhir, dilakukan sesi tanya jawab dan sharing antara alumni dengan pemateri yang dipandu langsung oleh moderator. Selanjutnya, di penghujung acara dilakukan pemberian cendera mata yang dilakukan oleh Ketua Umum Asschol kepada pemateri KH. Cholil Nafis, Lc. MA.

Reoprter: Ainur Rofiq

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik