Asscholmedia.net – Dalam pengajian kitab Minhajul Abidin, RKH. Fakhruddin Aschal menjelaskan tentang ilmu dan cara pengamalannya. Dijelaskan bahwa setelah seseorang menyampurnakan ilmu dan mengetahui hal-hal yang wajib, maka orang tersebut harus bersemangat untuk memulai ibadah dan menyibukkan diri dengan ibadahnya.

Mushonnif atau muallif menjelaskan bagaimana caranya agar semua pekerjaan bisa bernilai ibadah, secara singkat agar semua yang dilakukan bernilai ibadah yang pertama harus mempunyai Ilmu. Yaitu Ilmu Akidah atau Ilmu Ketuhanan, bagaimana caranya untuk beribadah kalau tidak kenal kepada Tuhan dan tidak yakin kepada tuhannya.

Jadi harus mengerti Ilmu Aqidah seperti Aqidatul Awam. Aqidatul Awam adalah sebuah ilmu dasar tentang aqidah ketuhanan untuk mengetahui sifat-sifat yang wajib, muhal, jaiz bagi Allah dan para utusannya. Mengapa para Rasul juga wajib di yakini? karena para Rasul ini yang membawa aqidah untuk memperkenalkan Tuhan. Bagaimana caranya yakin kepada Tuhan jika tidak yakin kepada rasulnya, jadi harus yakin pada rasulnya untuk bisa yakin kepada Tuhan.

Kedua harus mempunyai Ilmu Fiqih. Ilmu Fiqih adalah Ilmu Dhohir, ilmu yang bisa dilihat seperti sholat, puasa, zakat, haji dan lain sebagainya.

Ketiga harus mempunyai Ilmu Batin atau Ilmu Tasawuf. Contohnya seperti orang sholat tapi riya’ atau sombong. Sholatnya orang riya’ pasti ingin dipuji dan tidak riya’ itu tidak bisa dilihat, jadi ini termasuk ilmu batin. Sehingga untuk beribadah harus mempunyai tiga ilmu in yaitu Ilmu Aqidah Ilmu Dhohir dan Ilmu Batin.

Keterangan: Pengajian disampaikan pada acara Tri Wulan Asschol Sepulu, di desa Gunilap Timur, Masjid Al-Hidayah. Rabu, (03/01/24).

Reporter: Samsul Arifin
Penyunting: Mr.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.