Asscholmedia.net – Demangan English Club (DEC) adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler dibawah naungan LATANSA (Lajnah Tanmiyatul Maharah Al-Insaniyah) di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

DEC secara khusus berperan aktif dalam membentuk santri berwawasan luas dalam bidang kebahasaan yaitu Bahasa Inggris.

Di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, kegiatan DEC tidak hanya diikuti oleh santri putra melainkan santri putri juga banyak yang bergabung guna mempelajari bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini, DEC berkolaborasi dengan OSIS SMA Ma’arif Bangkalan menggelar kegiatan berupa English Competition Speech Syaichona Moh. Cholil dan English Seminar dengan tema “The Role of Santri in the Disruption Era“.

Acara English Competition dilaksanakan pada Ahad, 31 Desember 2023. Sedangkan English Seminar dilaksanakan pada Senin, 1 Januari 2024.

Sekitar 27 peserta yang ikut berpartisipasi dalam ajang English Competition, mereka semua adalah santri putra dan putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang masih duduk di bangku Mts dan SMA Ma’arif Bangkalan. Dengan gaya dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta tampil dengan memukau, menunjukkan jati dirinya bahwa santri juga bisa menguasai bahasa Inggris dan bisa tampil di depan publik.

Fathurrahman, S.E sebagai Dewan Juri dan sekaligus Senior DEC sangat mengapresiasi atas kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, kegiatan ini sangat baik dan perlu perlu diapresiasi. Karena sebelumnya tidak ada kegiatan seperti ini, sehingga kegiatan ini sangat berguna sekali untuk mengasah bakat, mental dan kepercayaan diri dalam bahasa Inggris di pesantren, terutama berbicara di depan umum”, ungkapnya.

Apresiasi berikutnya datang dari Halim, S.Pd. Sebagai Juri dan sekaligus senior, ia juga merasa bangga atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap langkah DEC yang sudah menggelar lomba pidato berbahasa Inggris. Ini menjadi trobosan yang patut didukung oleh senior & semua kalangan pemangku kebijakan pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan”, tuturnya.

“Dengan adanya DEC yang membuat program ini bisa menjadi jalan menuju Pondok Pesantren Syaichona yang dinobatkan menjadi Pondok Pesantren salaf tapi modern”, imbuhnya.

Reporter: Mr.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.