KH. Abdullah Hanani Basyamka (Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum AWS, Mlokorejo Puger Jember)

Asscholmedia.net – Majelis keluarga Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan menggelar Tabligh Akbar dan Shalawat Al-Habsy dalam rangka haul ke-18 Nyai Hj. Sumtin binti Husnawiyah, Kamis malam Jum’at (14/12). Acara digelar di halaman Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang dihadiri oleh ratusan masyarakat.

Dalam sambutan sebagai shohibul hajah pada acara haul ini adalah KH. Abdullah Hanani Basyamka (Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum AWS, Mlokorejo Puger Jember). Ra Hanani (sapaan akrabnya) sedikit menceritakan tentang suri tauladan dari almarhumah Nyai Hj. Sumtin yang patut ditiru dan diikuti oleh santri dan para alumninya.

Selain itu, Ra Hanani juga menceritakan tentang salah satu keistimewaan dari Nyai Hj. Sumtin. Suatu ketika salah satu dari putra KHS. Abdullah Schal bertanya kepada abahnya dan pada saat itu Nyai Hj. Sumtin sudah wafat.

“Abah (ayah), saya minta do’a karena ingin berangkat ke Makkah dan ingin memiliki ongkos yang banyak”, tutur sang putra kepada Abahnya (KHS. Abdullah Schal).

lalu, KHS. Abdullah Schal menjawab, “Kalau kamu ingin berangkat ke Makkah dan ingin memiliki ongkos yang banyak maka Nyabis (berkunjung) ke makam Ummi mu (Makam Nyai Hj. Sumtin).

Setelah itu dilakukan oleh sang putra, selang beberapa waktu kemudian bisa ditaqdirkan berangkat ke Makkah.

Note: Keterangan ini dialihbahasakan dari Bahasa Madura yang disampaikan oleh KH. Abdullah Hanani Basyamka dalam sambutan acara haul ke-18 Nyai Hj. Sumtin binti Husnawiyah.

Reporter: Mr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.