Asscholmedia.net – Pada tahun 2023 ini, Pustaka Syaichona terus menerbitkan karya-karya bermanfaat bagi umat. Salah satunya adalah buku bertajuk Karya Langit, Kumpulan Amalan dan Doa Mulai dari Lahir, Menjelang Ajal, Hingga Setelah Kematian.

Pada dasarnya isi buku tersebut sudah banyak beredar, tetapi hanya berupa lembaran terpisah, atau terdapat dalam beberapa kitab sehingga sangat mungkin hilang dan sulit mencarinya.

“Dari sinilah kami berusaha mengumpulkannya menjadi satu. Tujuannya adalah untuk mempermudah khususnya bagi Tokoh Masyarakat, Ustadz, Lora, Gus, bahkan kalangan Kiai, dan susunannya juga sangat menarik, berbeda dengan buku pada umumnya, yaitu disusun sesuai episode kehidupan. Dan tak pentingnya lagi isi buku ini memuat beberapa ijazah dari Syaikhona Muhammad Kholil yang kami dapatkan dari Dzurriyah beliau, diantaranya adalah KHS, Abdulloh Schal dan RKH. Fakhrillah Aschal.” Demikian penjelasan Rido Santoso, salah satu penyusun buku.

Khadimu al-Ma’had Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, RKH. Fakhruddin Aschal bersama Rido Santoso, salah satu Penulis buku Karya Langit.

Buku setebal 250 halaman ini mendapatkan dukungan dan sambutan dari para tokoh masyarakat, khususnya para kiai pondok pesantren di Bangkalan. Termaktub di dalamnya, pengantar dari pengasuh pesantren Al-Maghfur lahu, RKH. Fakhrillah Aschal. Selain itu, juga ada sambutan dari Khadimu al-Ma’had Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, RKH. Fakhruddin Aschal, dan KH. Abdul Adzim Kholili yang merupakan tokoh Majelis Keluarga Pondok Pesantren Al-Falah As-Salafi Al-Kholili Kepang Bangkalan.

Di kaver belakang buku, juga ada pernyataan dukungan dari RKH. Mohammad Nasih Aschal dan KH. Muhammad Ismail Al-Ascholy. Hal itu tidak lain karena buku ini mampu memenuhi ekspektasi masyarakat khususnya umat Nahdhiyyin yang sangat mencintai beragam amaliyah dalam setiap ranah kehidupan.

Meski demikian, para penulis masih belum puas berhenti di sini. Menurut Rido Santoso, masih terdapat beberapa amaliyah yang belum dicantumkan seperti Tradisi Toron Tanah, doa keselamatan, dan lain-lain, sehingga perlu kedepannya mereka terus membaca dan meneliti kembali apa yang menjadi kekurangan dari isi buku ini. Khususnya yang berkaitan dengan amaliyah kaum Nahdiyyin-Nahdiyyat, yang harapannya buku ini menjadi buku rujukan terlengkap yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat berkaitan dengan amaliyah ke-NU-an.

Kita patut memberikan apresiasi bagi para penyusun buku ini: Ainul Yaqin, Mahrus Sholeh, Rido Santoso, Ilham Al-Azhary, Moh. Amin, M. Basir, M.N. Hidayat, Fudloil, dan Min Rizkillah, atas kerja kerasnya untuk mengumpulkan satu demi satu amalan dan doa dari berbagai sumber. Mereka tergabung dalam Tim LSM (Lajnah Silahul Mukmin) Tamatan kelas III Tsanawiyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan tahun ajaran 2019-2020 M/1440-1441 H yang dikenal dengan nama DIGANTARA.

Mereka juga didukung oleh pembaca ahli, yaitu Ustadz Abdul Adzim. Tata letak buku dikerjakan oleh M. Anas dan Doifurrahman, dan desain sampul oleh H. Umar Yasin.

Sebagian besar tim dalam buku ini selain nyantri, juga merupakan mahasiswa dan alumni STAI Syaichona Moh. Cholil, yang terus berkomitmen dalam tridharma perguruan tinggi. Buku ini adalah bukti nyata adanya karya yang diadopsi oleh masyarakat luas.

Semoga mereka terus semangat dalam berkhidmat kepada umat melalui karya-karya lainnya.

Oleh: Fera Andriani Djakfar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.