Asscholmedia.net – Dengan kecanggihan teknologi di masa kini, kita bisa dengan mudah memandang wajah guru-guru kita lewat genggaman hp.

Dimana pandangan bahagia dan penuh rasa mengagungkan, sangat bermanfaat kepada kita sebagai santrinya untuk menambah rasa mahabbah dan aliran barakah darinya.

Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari menuturkan dalam kitab Adabul Alim wal Mita’allim, bagaimana sikap seorang murid ketika memandang gurunya.

أن ينظر إليه بعين الإجلال والتعظيم ويعتقد فيه درجة الكمال فإن ذلك أقرب إلى نفعه به، قال إبن يوسف سمعت السلف يقولون من لايعتقد جلالة أستاذه لم يفلح

Hendaknya seorang murid memandang gurunya dengan pandangan penuh ta’dhim dan mengagungkan. Dan yakin, bahwa dalam diri seorang guru terdapat derajat kesempurnaan, karena hal itu lebih bisa memberi manfaat kepada seorang murid dari gurunya.

Ibnu Yusuf berkata, “Aku mendengar ulama salaf mengatakan, ‘Barang siapa tidak yakin dengan keagungan gurunya, maka dia tidak akan berhasil.'”

Memandang wajah seorang guru, dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

من نظر إلى وجه العالم نظرة ففرح بها خلق الله تعالى من تلك النظرة ملكا يستغفر له إلى يوم القيامة

“Barangsiapa memandang wajah orang ‘alim dengan pandangan yang menyenangkan maka Allah akan menciptakan malaikat dari pandangan tersebut yang akan memohonkan ampunan kepada orang tersebut di hari kiamat.” (HR. Ibnu Asakir)

Wallahu A’lam

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.