Asscholmedia.net – Banyak orang yang mengimpikan bertemu dengan Nabi Khadir As. Namun tidak semua orang diberi kesempatan berjumpa dengannya. Tidak sedikit yang melakukan ritual dan tirakat tertentu seperti wirid, puasa pati geni dan meminta petunjuk pada ulama namun hasilnya nihil.

Konon wajah dan penampilannya sering berganti-ganti, tidak menunjukkan bahwa ia dari kalangan orang mulia dan alim. Terkadang Nabi Khidir As terlihat berpakian compang camping tidak karuan dan menjelma menjadi seorang pengemis. Begitu sebaliknya, terkadang Nabi Khidir As juga berpenampilan layaknya preman, hingga orang-orang yang melihatnya takut dan beranggapan buruk enggan mendekati.

Lalu bagaimana caranya bisa bertemu Nabi Khadhir As?

Syaikh Abdul Wahhab asy-Sya’raniy dalam kitabnya al-Mizan al-Khadiriyah mengutip dari gurunya Syaikh Ali al-Khawwash mengatakan:

أن للاجتماع بالخضر عليه السلام ثلاثة شروط: من لم تجتمع فيه لايجتمع به، ولو كان على عبادة الثقلين. الأول: أن يكون أن يكون على سنة لا يتدين ببدعة، الثاني: أن لا يكون له حرص على الدنيا فلو خبأ عنده رغيف إلى غد لم يجتمع به . الثالث: أن يكون سليم الصدر للمسلمين، فلا يكون فى قلبه غل ولا حسد ولا كبر على أحد منهم.

“Sesungguhnya untuk bisa berjumpa dengan Nabi Khadir As ada 3 syarat. Barang siapa yang tidak bisa memenuhi 3 syarat ini, maka ia tidak bisa berjumpa dengannya sekalipun ia telah melaksanakan ibadah mengalahkan semua ibadahnya Manusia dan Jin:

1- Senantiasa mengamalkan Sunah yang diajarkan Rasulullah ﷺ, tidak melakukan bid’ah yang jelek dalam beragama. 2- Tidak rakus pada dunia. Seandainya ia masih menyimpan kulit roti untuk persedian makan besok, maka ia tidak bisa berjumpa dengannya. 3- Hatinya harus bersih berbaik sangka pada semua umat Islam, dalam hatinya tidak boleh ada iri dengki dan sombong kepada salah satu dari mereka.

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

✍️ Syaikh Abdul Wahhab bin Ahmad asy-Syafi’iy, al-Mishriy asy-Sya’raniy| Al-Mizan al-Khadhriyah| Daru al-Kutub al-Ilmiyah hal 15-16.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.