Nasihat Untuk Pengantin Baru

Asscholmedia.net – Oleh RKH. Imam Buchori Cholil pada acara sambutan atas nama keluarga besar mempelai putri di kampung Pejiren, desa Berbeluk, kecamatan Arosbaya, 22-11-22.

Bacaan Lainnya

Suami istri harus selalu berusaha berbuat baik kepada pasangannya, agar rumah tangganya hidup dalam kebahagiaan.

Karena kata beliau, perbuatan kita, baik dan buruknya berpengaruh kepada orang lain, juga berlaku sebaliknya.

Beliau mencontohkan, kalau kita masuk ke dalam rumah, lalu mendapati posisi kursi, meja dan lainnya berantakan, pikiran kita juga ikut berantakan dan bingung. Sebaliknya, kalau isi rumah tertata rapi, pikiran kita menjadi tenang dan damai.

Apalagi kalau pasangan kita yang punya sifat tidak baik, tentu pikiran kita lebih tidak tenang di dalam membersamainya. Maka berbuat baik kepada pasangan adalah keharusan, demi terciptanya sakinah mawaddah dan rahmah.

Beliau menyampaikan nasihat-nasihat tersebut, posisinya sebagai wali dari mempelai putri yang memang berkewajiban untuk menasihati putrinya yang menjadi pengantin baru.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab Quratul Uyun Bisyarhi Mandhumati Ibni Yamun :

من حق العروسة على والديها أن يعلماها حسن المعيشة وأداب المعاشرة مع زوجها

“Sebagian dari kewajiban kedua orang tua terhadap anak perempuannya yang menjadi penganten baru, adalah mengajarinya tentang bagusnya penghidupan, dan tatakrama bergaul bersama suaminya.”

Sebagaimana kata-kata berikut ini :

كونى له أرضا يكن لك السماء وكونى له مهادا يكن لك عمادا وكونى له أمة يكن له عبدا وكونى له معطية يكن لك طائعا أونحو هذا من الوصايا

“Jadilah kamu sebagai bumi untuknya, agar dia menjadi langit bagimu. Jadilah kamu seperti lantai untuknya, agar dia menjadi tiang bagimu. Jadilah dirimu seperti budaknya, supaya dia juga seperti pembantu bagi dirimu. Ta’atilah dia, agar dia juga menurutimu. Dan nasihat-nasihat yang lain yang seirama dengannya.”

By : Shofiyullah El-Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.