6 Perempuan yang Tidak Layak Dinikahi

Asscholmedia.net – Inilah enam (6) perilaku jelek perempuan yang wajib dijauhi oleh perempuan muslimah. Perempuan yang berperilaku seperti itu tidak layak dinikahi.

Bacaan Lainnya

Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Dhau’ul Mishbah fi Bayani Ahkamin Nikah menyebutkan :

قال بعض العرب لا تنكحوا من النساء ستة لا أنانة ولامنانة ولا حنانة ولا تنكحوا حداقة ولا براقة ولا شداقة

“Sebagian orang Arab mengatakan, jangan kau nikahi enam macam perempuan, yakni annânah, mannânah, hannânah. Jangan pula kau nikahi perempuan yang haddâqah, barrâqah, dan syaddâqah.”

1. Annanah (أنانة) adalah perempuan yang banyak mengeluh, mengadu, dan sering membalut kepalanya. Tak ada baiknya menikahi perempuan yang sakit-sakitan dan berpura-pura sakit.

Mungkin kita sering menemukan tipe perempuan yang demikian, suka mengeluh lewat status sosmednya. Maka jangan sampai dia dijadikan pasanganmu.

2. Mannanah (منانة) adalah perempuan yang punya kebiasaan suka mengungkit-ungkit suaminya. Ia berkata, “Aku sudah melakukan ini dan itu untukmu!”

Hati-hati, kebaikan perempuan yang tipe demikian palsu belaka. Suatu saat kau akan menyesal dengan kebaikannya, setelah kebaikan itu dia ungkit kembali.

3. Hannanah (حنانة) adalah perempuan yang merindukan laki-laki lain atau menginginkan seorang anak dari laki-laki lain selain suaminya.

Semisal ia membayangkan, kalau saja suaminya seperti artis, atau seandainya memiliki anak dari laki-laki yang lebih tampan dari suaminya dan yang ia idolakan.

Dialah tipe wanita buaya betina.

4. Haddaqah (حداقة) adalah perempuan yang suka melihat-lihat segala sesuatu lalu menginginkannya dan menuntut sang suami untuk membelinya.

Sepertinya yang ini adalah tipe perempuan moderen. Dia suka lihat-lihat temannya sedang pamer-pamer di sosial media, dan memaksa suaminya untuk membelikannya.

Kalau kantong dan dompetmu tipis, tubuhmu juga akan ikut tipi (kurus kering) karena selalu dipaksa memenuhi keinginannya

5. Barraqah (براقة), ada dua (2) makna. Pertama, perempuan yang sepanjang hari selalu bersolek dan merias wajah dan tubuhnya secara berlebihan untuk dipamerkan.

Makna kedua, adalah perempuan yang tamak soal makanan. Dia selalu merasa kurang, dan selalu merasa mendapat bagian sedikit dari makannya.

Tipe perempuan yang seperti ini, disamping meresahkan juga memalukan jika didengar orang.

6. Syaddaqah (شداقة) adalah perempuan yang banyak bicara alias cerewet. Secantik apapun wajahnya, perempuan yang cerewet tidak akan bisa mendamaikan hati suaminya.

Sepanjang hari kau akan kenyang dengan ceramahnya yang tidak berguna itu.
*** ***

Sepertinya tipe-tipe perempuan yang tersebut di atas, banyak dimiliki oleh perempuan-perempuan jaman now. So, hati-hatilah dalam memilih pasangan.

Jika sudah terlanjur berpasangan dengan perempuan dengan tipe di atas, didiklah dia, dan selalu memohon kepada Allah agar karakternya dirubah menjadi lebih baik.

Wahai para perempuan muslimah, jangan sampai dirimu yang mempunyai sifat-sifat tercela itu!

Wallahu A’lam

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.