Dr. Ginanjar Sya’ban & Gus Najih Ungkap Fakta Menarik Tentang Syaichona Cholil


Asscholmedia.net – Pada hari kedua, panitia MUBES 2 ASSCHOL mempersembahkan kegiatan berupa Talk Show tentang Jejak Luhur Literasi Kebangsaan Syaichona Moh. Cholil Bangkalan di Bumi Nusantara dan Tantangan Terkini Akidah Ahlussunah Wal Jama’ah. Dengan menghadirkan narasumber yakni Dr. Ginanjar Sya’ban (Filolog Islam Nusantara) dan Gus Najih Ramdhan (Aktivis Jaringan Mudarat Indonesia).

Talk Show tersebut dimoderatori oleh RKH. Nasih Aschal. Dalam mengawali pembukaan Talk Show, Kiai Nasih menyebutkan bahwa MUBES 2 ASSCHOL ini lebih menarik dari MUBES Pertama. “Sebab di MUBES 2 ASSCHOL ini lebih menguak tentang fakta-fakta sejarah Syaichona Cholil dalam perjalanan hidup beliau”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dr. Ginanjar Sya’ban yang menjadi pembicara pertama menyampaikan banyak hal, antara lain tentang Manuskrip dan masterpiece Syaichona Cholil walaupun sudah bertahun-tahun tapi tetap menginspirasi dan hal ini perlu terus dikaji.

Menyoal tentang gelar kehormatan kepahlawanan, Ginanjar Sya’ban menegaskan bahwa sosok Syaichona Cholil sudah sepantasnya mendapatkan gelar pahlawan. Karena saat ini telah banyak para santrinya yang sudah dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Syaichona Cholil tak ubahnya ulama terdahulu yang keilmuannya sudah setara. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Ginanjar Sya’ban mengutip dari satu kitab, disebutkan bahwa Syaichona Cholil dalam bidang ilmu Nahwu seperti imam Sibawaih, dalam bidang fiqh seperti imam Nawawi, dalam bidang Tasawuf seperti imam Ghazali dan dalam kekramatannya seperti imam Syekh Abdul Qodir Jaelani.

Disebutkan pula oleh Ginanjar Sya’ban tentang hal menarik yang mungkin jarang orang-orang tahu dari sosok Syaichona Cholil. Pakar filolog Islam Nusantara itu menyebutkan 3 hal antara lain, Pertama, Syaichona Cholil memilki santri dari berbagai kalangan dan dari berbagai suku yang dimasa itu belum ada. Kedua, Wafatnya Syaikhona Cholil bersamaan dengan runtuhnya Kota Makkah yang kemudian jatuh pada kesultanan Najd. Ketiga, di Nusantara ini banyak sekali ulama besar, salah satunya adalah Syekh Nawawi Banten, yang kemudian memiliki santri banyak, diantaranya adalah Syaikhona Cholil Bangkalan, Syekh Mahfud Termas, dan lain-lain.

Pada Narasumber kedua yakni Gus Najih Ramdhan, untuk menjadi santri Syaichona Cholil itu sebenarnya cukup menganut pada 3 M yaitu Mabet (Ngadep), Manut (Mengikuti), dan Mantep ikut Syaichona.

Sebelum Talk Show ditutup, Kiai Nasih menyampaikan bahwa MUBES 2 ASSCHOL kali ini mempunyai tugas baru yakni bagaimana kita melestarikan ajaran Syaichona Cholil. “Asschol memiliki tugas untuk selalu melestarikan dan merawat ajaran yang dibawa oleh Syaichona Cholil yakni Ahlussunah Wal Jama’ah”, tegasnya.

Reporter: Holili

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.