Cocoghen Massal di Mubes 2 Asschol Akan Pecahkan Rekor Muri

Asscholmedia.net – Perhelatan Musyawarah Besar (MUBES) ke-2 yang dilaksanakan oleh Alumni dan Simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil (ASSCHOL) yang akan digelar pada 25-26 September 2022 di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan tinggal menghitung hari.

Bacaan Lainnya

Kegiatan MUBES 2 ASSCHOL yang mengusung tema “Melestarikan Warisan Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Untuk Peradaban Bangsa”, akan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting nasional baik dari unsur kepemerintahan dan pesantren seperti KH. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama RI), Prof. Dr. H. Moh. Mahfud, S.H., M.IP (Menko Polhukam RI), Irjen. Pol. Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si (Kadensus 88 RI), Drs. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si (Gubernur Jawa Timur), Islah Bahrawi (Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia), Gus Najih Ramadhan (Aktivis Jaringan Moderat Indonesia), Dr. Ginanjar Sya’ban (Peraih Santri Award 2021/Filolog Islam Nusantara), dan lain-lain.

Salah satu dari rangkaian acara yang dijadwalkan adalah Cocoghen Massal. Dalam tradisi masyarakat Madura, Cocoghen merupakan tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun untuk menyambut datangnya bulan Maulid Nabi tepatnya pada malam tanggal 1 Rabiul Awal.

Cocoghen sendiri merupakan wujud rasa suka cita masyarakat muslim Madura karena bulan Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW, tradisi ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturrahmi antar warga sekaligus edukasi bagi generasi muda untuk tidak melupakan tradisi atau budaya islam yang sudah mengakar di masyarakat.

Begitu juga Cocoghen yang akan digelar pada MUBES 2 ASSCHOL itu bertepatan dengan malam tanggal 1 Rabiul Awal 1444 H dan sekaligus menjadi malam puncak penutupan perhelatan MUBES 2 ASSCHOL.

Namun, malam 1 Rabiul Awal ini akan menjadi malam Cocoghen yang istimewa khususnya di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil karena Cocoghen yang akan digelar tersebut merupakan Cocoghen Massal dengan menghadirkan ribuan masyarakat dan bahkan akan memecahkan Rekor Muri (Museum Rekor Dunia-Indonesia).

Terkonfirmasi langsung melalui Sekretaris pelaksana MUBES 2 ASSCHOL yakni Ust. Zainal Arifin, M.Pd bahwa perihal Cocoghen Massal pada MUBES 2 ASSCHOL target akan pecahkan Rekor Muri.

“Iya benar, Cocoghen Massal ini akan menargetkan Rekor Muri”, tegasnya saat dikonfirmasi oleh Asschol Media.

“Kami sudah kordinasi secara inten dengan pihak Muri dengan melalui berbagai tahapan, salah satunya harus melampirkan surat rekomendasi dari RMI PBNU dan itu semua sudah kami lakukan dan tinggal menunggu hasil”, Imbuhnya.

Reporter: Rofi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.