NAMANYA HARUM DI DUNIA DAN AKHIRAT BAROKAH BISMILLAH

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

Bacaan Lainnya

من رفع قرطاساً من الأرض فيه بسم الله الرحمن الرحيم إجلالاً لله تعالى، كتب عند الله من الصديقين، وخفف عن والديه وإن كانا من المشركين.

“Barang siapa yang mengangkat (memungut) kertas dari tanah yang di dalamnya berisi tulisan “bismillaahirrahmaanirrahiim” untuk mengagungkan karena Allah ﷻ, maka ia akan tercatat golongan dari orang-orang Shiddiqin dan kedua orang tuanya diringankan siksanya meski keduanya tergolong orang-orang Musyriq.”

Dari Sayyidina Ali bin Abi Tholib ra, berupa hadits marfu’:

ما من كتاب يلقى في الأرض وفيه بسم الله الرحمن الرحيم إلا بعث الله ملائكة يحفون عليها بأجنحتهم حتى يبعث الله وليا من أوليائه يرفعه.

“Tidaklah sebuah kitab yang jatuh ke bumi dan didalamnya terdapat basmalah kecuali Allah ﷻ mengutus para malaikat untuk mengelilinginya dengan sayap-sayap mereka, sehingga Allah ﷻ mengutus salah satu wali-Nya untuk mengangkat kitab itu.”

Dikisahkan, bahwa Basyr al-Hafiy pernah berjalan di salah satu jalan. Lantas ia melihat kertas yang di atasnya tertulis “bismillaahirrahmaanirrahiim”. Ia berkata: “Maka hatiku seketika terbang dan melayang, kemudian aku ambil kertas itu dan sungguh telah terbuka hijab dan tampak apa yang tertutup. Pada saat itu aku memiliki 2 Dirham, lantas 2 Dirham aku belikan minyak wangi kemudian aku lumuri kertas itu dengannya dan aku tutupi kertas itu dari pandangan mata yang melihatnya. Tiba-tiba ada suara gaib yang tidak diragukan kebenarannya memanggilku:

يا بشر طيبت اسمي، وعزتي وجلالي لأطيبن اسمك في الدنيا والأخرة.

Ya Basyr! Engkau telah membaluri nama-Ku dengan wewangian. Demi kemuliaan dan keagungan-Ku sungguh aku akan mengharumkan namamu di dunia dan akhirat. Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

Syaikh Ali bin Ali al-Ghaziy al-Mukhallatiy asy-Syafi’i al-Azhariy al-Mishriy| Al-Kawakibu ad-Duriyah bi Syarhi al-Jawahiri al-Barzanjiah fi Maulidi Khairi al-Bariyah ﷺ| Daru al-Kutub al-Ilmiyah hal 19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.