SAKIT KEPALA DIOBATI DENGAN BISMILLAH

Asscholmedia.net – Diriwayatkan dari Ikrimah ra, beliau berkata: Aku telah mendengar dari Ali bin Abi Tholib ra, beliau berkata: “Ketika Allah ﷻ menurunkan “bismillaahirrahmaanirrahiim” dalam surat al-Fatihah gunung-gunung di dunia berguncang sehingga kami (penduduk Mekah) mendengar gemanya. Lalu mereka (orang-orang kafir) berkata: “Muhammad telah menyihir gunung itu”. Maka Allah ﷻ mengirimkan awan tebal hingga menutupi penduduk Makah. Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda:

Bacaan Lainnya

ما من مؤمن يقرأها إلا سبحت معه الجبال غير أنه لا يسمع ذلك.

Artinya: “Tiada seorang mukmin yang membaca bismillahirrohmanirrohim kecuali gunung-gunung bertasbih bersamanya hanya saja dia tidak mendengarnya.”

Diceritakan bahwa Kaisar Romawi menulis surat kepada Sayyidana Umar bin Khattab ra yang berisi: “Saya terjangkit sakit kepala yang tidak bisa disembuhkan. Mohon jika Anda berkenan mengirimkan obat untuk saya.” Sayyidana Umar lantas mengirimkan peci (penutup kepala) untuk sang Kaisar. Saat Kaisar mengenakan peci tersebut, seketika sakit kepalanya hilang dan ketika peci tersebut dibuka, sakit kepalanya kambuh kembali. Kaisar terheran-heran akan hal itu, lalu ia mencoba mencari-cari di dalam peci itu dan menemukan satu lembar kertas tertulis “bismillaahirrahmaanirrahiim”. Kemudian sang Kaisar berkata:

ما أكرم هذا الدين وأعزه، حيث شفاني الله بآية واحدة

“Betapa mulia dan agungnya agama ini, sekiranya Allah ﷻ menyembuhkan aku (hanya) dengan satu Ayat.” Setelah itu sang Kaisar masuk Islam. Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

Syaikh Ali bin Ali al-Ghaziy al-Mukhallatiy asy-Syafi’i al-Azhariy al-Mishriy| Al-Kawakibu ad-Duriyah bi Syarhi al-Jawahiri al-Barzanjiah fi Maulidi Khairi al-Bariyah ﷺ| Daru al-Kutub al-Ilmiyah hal 18-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.