Asscholmedia.net – Sangat mudah menemukan penjelasan tentang keutamaan membaca Basmalah (بسم الله الرحمن الرحيم) di kitab-kitab. Biasanya oleh para mushanif ditulis di muqaddimah kitabnya.

Dulu di kampung saya ada seorang santri yang diberi satu potong jajan biscuit oleh salah seorang keluarga gurunya. Keluarga gurunnya itu berpesan.

“Cong, tengateh mun ngakan jhejhen, macah Bismillah polan satiah omosom racon.”

(Nak, hati-hati kalau makan jajan. Jangan lupa baca Bismillah terlebih dahulu, karena sekarang, jajan sering ada racunnya)

Lalu santri itu bertemu temannya. Melihat dia memegang biscuit, temannya minta. Tanpa pikir panjang biscuit itu dia potong dibagi dua.

“Koacaeh soro tengateh mun ngakan jhenjhen satiah, harus macah Bismillah karnah osom racon.” (Katanya suruh hati-hati kalau makan jajan, karena jajan sering ada racunnya) kata santri itu kepada temannya menyampaikan pesan seperti yang disampaikan oleh yang memberi biscuit tadi.

“Hah, cang sapah, lok kerah. Bismillah hemdlehhem…” (Ah, kata siapa, gak mungkin. Bismillah hemdlehhem) jawab temannya meremehkan, mencampur lafadh Bismillah dengan kata-kata tidak etis. Kemudian dimakannya biscuit itu.

Tidak lama dari selesai makan biscuit, temannya santri itu (santri yang kedua) tiba-tiba keluar busa dari mulutnya karena keracunan, hingga harus dilarikan ke dokter, sedangkan santri yang pertama tidak apa-apa, berkat membaca Bismillah sebelum makan biscuit.

Padahal satu biscuit yang dipotong jadi dua, satunya keracunan tapi yang satunya bisa selamat. Itulah kisah nyata tentang keutamaan membaca Bismillah.
___________

Disebutkan dalam kitab Tanqihul Qaulil Hatsits, ada beberapa pekerjaan yang disunnahkan membaca Bismillah terlebih dahulu sebelum melakukannya.

1. Makan
2. Minum
3. Mandi besar
4. Naik kendaraan
5. Masuk masjid
6. Masuk rumah
7. Memakai baju
8. Membuka baju
9. Menutup pintu
10. Mematikan lampu
11. Berhubungan suami istri
12. Naik ke atas mimbar
13. Memejamkan mata orang mati
14. Memasukkan janazah ke liang kubur
15. Mau masuk ke WC
16. Sesudah keluar dari WC
17. Berthawaf di Ka’bah
18. Berwudhu’
19. Bertayamum
20. Menyembelih hewan
_________________

Menurut penuturan orang tua saya, yang dulunya sering bertugas menjemput KHS. Abdullah Schal ketika mau menghadiri undangan di kampung saya.

KHS. Abdullah Schal saat sudah sampai di tempat acara, sebelum masuk ke lokasi, tepatnya ketika turun dari mobil terlebih dahulu beliau membaca Bismillah sebanyak 50 kali, kemudian ditiupkan ke kedua telapak tangannya dan diusapkan ke seluruh badannya.

Hal itu untuk membentengi diri dari segala mara bahaya dan bentuk kejahatan manusia dan jin.

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Referensi : Tanqihul Qaulil Hatsitsi Fi Syarhi Lubabil Hadits | Syaikh Nawawi al-Banteni | Halaman 11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.