Asscholmedia.net – Asschol Tanjungbumi kembali melaksanakan kegiatan rutin bulanan (Selasa, 16/08). Bertempat dikediaman Bapak Satroli, Brukong Kemuning Larangan Timur. Sebagaimana terjadwal bahwa kegiatan Asschol ini dikemas dengan pengajian kitab “Minhajul Abidin” yang diasuh oleh RKH. Fakhruddin Aschal.

Adapun pembahasannya melanjutkan dari pengajian kitab sebelumnya yakni masih terkait seputar keutamaan ilmu. RKH. Fakhruddin Aschal menjelaskan bahwa Ilmu itu sangat penting agar dapat melaksanakan ibadah dengan benar, baik berupa ibadah dhahir ataupun ibadah batin. Ibadah batin memiliki hubungan yang kuat dengan ibadah dhahir.

Orang yang tidak berilmu melaksanakan banyak ibadah dhohir dimana mereka menganggap bahwa ibadahnya meraih banyak pahala namun pada kenyataannya tidak demikian karena rusaknya ibadah batin akibat kebodohannya. Jadi Ibadah batin bisa merusak ibadah dhahir.

Ibadah batin yang dimaksud adalah ibadah yang dilakukan oleh hati batin manusia. Sehingga terkadang jika orang tidak berilmu bisa jadi banyak beribadah namun salah dalam segala hal sehingga hasilnya nihil. Jadi, di sub bab ini dijelaskan bahwa tidurnya orang alim lebih baik dibandingkan ibadahnya orang bodoh.

Dalam pembahasan ini, Nabi Muhammad SAW bersabda; Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wa muslimatin.

Selain itu, RKH. Fakhruddin Aschal juga menjelaskan tentang Ilmu yang wajib dipelajari yakni meliputi 3 aspek. Pertama, Ilmu Tauhid yaitu Ilmu yang mempelajari tentang ketuhanan. Kedua, Ilmu Sirri (ilmu rahasia) yaitu ilmu yang bisa menata hati serta tata cara melaksanakannya. Ketiga, Ilmu Syara’ (Ilmu Fiqih) yaitu ilmu yang mempelajari tata cara ibadah dhahir seperti shalat, puasa, haji, dan lain-lain.

Beliau juga menceritakan bahwa Alm. KHS. Abdullah Schal dalam mendidik putra-putrinya menekankan agar supaya menjadi orang yang alim dan allamah.

Jika orang alim melakukan keburukan maka ia akan lebih mudah taubat dibandingkan orang bodoh.

Kontributor: Ust. Halim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.