Cara Memahami Wanita

Asscholmedia.net – Jangan pernah mendebat dengan wanita, sebab anda tidak akan pernah memenangkan perdebatan. Lebih baik mengalah untuk menang.

Bacaan Lainnya

Wanita diciptakan dari tulang rusuk seorang laki-laki. Banyak hadits menjelaskan tentang itu, di antaranya berikut ini.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم : اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْراً، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ، وَإِنَّ أَعْوجَ مَا فِي الضِّلعِ أَعْلَاهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهُ كَسَرْتَهُ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ، لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ، فَاسْتَوْصُوْا بِالنِّسَاءِ.

Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah bersabda, “Berwasiat baiklah kalian kepada kaum wanita, sebab sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk dan sesungguhnya selengkung-lengkungnya tulang rusuk ialah bagian yang teratas. Maka jika engkau mencoba meluruskannya, maka engkau akan mematahkannya dan jika engkau biarkan saja, maka ia akan tetap lengkung selama-lamanya. Oleh sebab itu, maka berwasiat baiklah kepada kaum wanita.” (Muttafaq ‘alaih)

Tulang rusuk adalah tulang yang paling sukar untuk diluruskan, sebab keadaannya memang melengkung. Jika dipaksa lurus akibatnya akan patah, namun jika dibiarkan akan terus melengkung selamanya. Itulah wanita.

Wanitalah yang menyebabkan bapak manusia (nabi Adam) terusir dari surga, namun meski demikian wanita tidak akan pernah mau disalahkan. Dia akan menjawab, aku hanya menjalankan takdir Allah, sebab nasib manusia memang diciptakan sebagai khalifah di bumi.

Memahami seorang wanita butuh banyak cara dan kesabaran yang tak terhingga. Mereka itu punya akal, tapi sering kali yang menguasai dirinya adalah perasaannya, sehingga akalnya kalah dengan perasaannya.

Perbedaan wanita dengan laki-laki dalam hal ini adalah sebagaimana dikatakan oleh Sayidina Ali karramallahu wajhahu,

عقل المرأة جمالها وجمال الرجل عقله

“Kecerdasan wanita ada pada kecantikannya, dan ketampanan laki-laki ada pada kecerdasannya.”

Maka tidak heran kalau mereka itu lebih suka dipuji dengan kebohongan, daripada dinasehati dengan kenyataan.

Intinya wanita itu butuh dipahami, kendatipun untuk memahaminya sangat rumit sekali. Tapi tidak berarti laki-laki harus selalu menuruti kemauan wanita, justru menyalahi wanita adalah keberkahan.

Sayidina Umar radliyallahu ‘anhu misalnya pernah berkata,

خالفوا النساء فإن فى خلافهن بركة

“Berselisihlah dengan wanita (jangan selalu menuruti), karena menyelisihi wanita terdapat barakah.”

Bahkan ulama mengatakan, “Berembuklah dengan wanita, tapi berselisihlah.”

Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam juga bersabda,

تعس عبد الزوجة

“Celakalah laki-laki yang menjadi budak istrinya.”

Untuk itu pergaulilah mereka dengan baik, didik dan ajari tentang kewajiban-kewajibannya. Dalam salah satu hadits juga dijelaskan.

خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ، وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluargaku.” (HR Tirmidzi).

Oleh : Shofiyullah el_Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.