Cerita Hantu

Asscholmedia.net – Teringat cerita seorang teman dulu waktu di pondok. Ia bercerita tentang kejadian yang menimpa sebagian santri di kamar mandi.

Pada suatu malam, seorang santri dengan segera menuju kamar mandi karena kebelet pipis. Dia masuk sembarang pintu kamar mandi, yang dia anggap kosong dan terbuka pintunya.

Setelah selesai buang air kecil, melihat kanan dan kirinya ternyata tidak dijumpai gayung untuk bersuci. Mendengar di sebelahnya ada santri lain sedang mandi, tanpa pikir panjang dia meminta bantuan.

“Nginjhemah cantengah, Ro.” (Pinjam gayungnya, Doro) Ucapnya dengan bahasa Madura sambil menjulurkan tangan ke kamar mandi sebelahnya, yang berdekatan.

Namun santri yang sedang mandi di sebelahnya tidak menjawab, hingga santri yang pertama itu mengulangi ucapannya tiga kali, “Nginjhemah cantengah, Ro.”

Akhirnya santri yang sedang mandi itu menjawab, “Nginjemah canteng, jhek cetak bhein engkok lok andik.” (Mau pinjam gayung, wong kepala aja aku gak punya).

Mendengar jawaban aneh itu, santri yang buang air kecil tadi merinding, membuat bulu kuduknya berdiri semua, dan menaruh curiga jangan-jangan yang mandi di jeding sebelah itu hantu.

Lalu diperhatikan dengan seksama, ternyata kamar mandi di sebelahnya memang kosong tidak ada orang mandi. Juga suara percikan airnya tiba-tiba menghilang, menandakan memang benar-benar tidak ada orang mandi.

Dia pun tidak menunggu lama, langsung lari tunggang-langgang dan melaporkan kejadian yang dia alami di kamar mandi tadi itu kepada temannya.

Dugaan sementara, yang ada di jeding sebelahnya itu adalah hantu. Iya hantu (jerengkong : Madura red), sejenis makhluk halus jelmaan orang yang mati, yang matinya tidak membawa amal baik. Dan hantu itu kerjaannya menakut-nakuti orang di malam. Demikian anggapan umum tentang hantu selama ini.

Berbicara hantu, dalam kitab Qurratul Ain Bi Fatawa Ismail az-Zain halaman 23, Syaikh Ismail Utsman al-Yamani ditanyakan tentang eksistensi hantu yang dikenal di Indonesia.

Beliau menjawab panjang lebar,

والله الموفق للصواب. إنه لاينبغى أن يقول الإنسان كل ما يسمع، وفى الحديث ( كفى بالمرء كذبا أن يحدث بكل ما سمع ) ولاينبغى أن يعتقد مثل هذا، فقد جاء الشرع الحكيم بالنهي على مثل هذا الإعتقاد. قال صلى الله عليه وسلم : (لا عدوى ولا طير ولا هامة ولا صفر) رواه البخارى ومسلم.

Allah Yang memberi petunjuk kepada kebenaran, bahwa seyogyanya jangan selalu mengatakan kepada orang lain tentang setiap apa yang didengarnya. Karena di dalam hadits dijelaskan, “Cukuplah seseorang dikatakan berbohong, ketika dia selalu menyampaikan semua apa yang telah didengarnya.”

Dan seyogyanya tidak mempercayai adanya hantu, karena syari’at telah melarang itu. Rasulullah bersabda, “Tidak ada penyakit menular, tidak ada perasaan sial, tidak ada burung hantu, tidak ada sial di bulan shafar.”

والهامة هي نوع من الطيور، كان أهل الجاهلية يعتقدون أن روح الميت تتجسم فيها وأنها تدور حول بيته وتأتى ليلا إلى أهله، فنهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن ذلك وأكد النهي بصيغة النفي إشارة إلى أن هذا غير واقع، وما فى صورة السؤال من هذا النوع فينبغى أن لايعتقد ذلك ولايصدقه المؤمنون العقلاء.

Haamah adalah sejenis burung. Masyarakat jahiliyah dulu mempercayai bahwa ruhnya orang mati menjelma Haamah. Ia mengelilingi rumah orang yang mati tersebut, dan mendatangi penghuni rumah itu ketika malam hari. Kemudian Rasulullah melarangnya. Larangan tersebut dikuatkan dengan kata mentiadakan, sebagai isyarah, bahwa semua bentuk kesialan tersebut di atas (penyakit menular, merasa sial, burung hantu, kesialan di bulan shafar) tidak pernah terjadi. Dan sebagaimana dalam pertanyaan di atas (tentang hantu yang dikenal oleh orang Indonesia), seyogyanya orang mu’min yang berakal tidak mempercayai dan tidak membenarkan itu.

Di sebagian daerah di Madura, ada yang menganggap setiap orang mati pasti menjadi hantu. Padahal itu merupakan aib dan fitnah bagi yang sudah mati. Tentu, membicarakan kepada orang lain berarti ghibah (gosip) yang berdosa hukumnya.

Wallahu A’lam

Oleh : Shofiyullah El-Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.