Asscholmedia.net – Kegiatan pengajian kitab Asschol di setiap Kecamatan kini dimulai kembali setelah wafatnya RKH. Fakhrillah Aschal, saat ini pengajian kitab tersebut diasuh oleh RKH. Fakhruddin Aschal. Pertama kali di mulai pada hari Rabu, 15 Juni 2022 di dua tempat yaitu di Asschol Kecamatan Tanjung Bumi pada siang hari dan di Asschol Kecamatan Klampis pada sore hari.

Pengajian kitab Minhajul Abidin di Tanjung Bumi bertempat di kediaman Ust. Qomaruddin (Jl. Masjid al-Mubarok Dusun Nongbadung Desa Bandang Dajah Kec. Tanjung Bumi). Pada kesempatan kali ini masuk pada pembahasan mengenai bab ilmu.

RKH. Fakhruddin Aschal menjelaskan bahwa kita harus tahu terlebih dahulu tentang kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan dan larangan-larangan yang harus ditinggalkan. Hal ini bisa kita amalkan tentunya dengan ilmu. Jadi aqobah (jalan) yang pertama adalah ilmu karena dengan ilmu kita bisa melakukan ibadah syara’ atau dhohir dengan benar serta tidak sia-sia, seperti halnya tata cara bersuci, shalat, puasa, dan lain-lain.

“Selain ibadah syara’ atau dhohir, ibadah batin juga bisa diamalkan dengan baik melalui ilmu. Ibadah batin yang dimaksud adalah perbuatan hati seperti tawakkal, rida, sabar, dan ikhlas. Dengan ilmu kita bisa meninggalkan larangan perbuatan batin (hati) seperti riya’, sombong, dan lain-lain. Jadi, kedua macam ibadah syara’ atau dhohir dan ibadah batin ini wajib kita ketahui tentunya dengan ilmu.” Imbuhnya.

Suasana Ngaji Kitab Minhajul Abidin diasuh Oleh RKH. Fakhruddin Aschal.

Dengan ilmu kita juga bisa bersyukur atas nikmat yang diberikan seperti kita memiliki kedua mata, maka tentunya harus digunakan untuk hal kebaikan bukan untuk kemaksiatan. Syukur sendiri ada dua yaitu syukur bil jawarih yakni syukur yang dibuktikan dengan perbuatan dan syukur bil lisan yakni syukur yang hanya diucapkan dengan lisan saja.

Sumber informasi: Ust. Halim
Reporter: Rofi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.