Pengurus Asschol Pusat Realisasikan Rapat Persiapan Haul Akbar PP. Syaichona Moh. Cholil

Asscholmedia.net Pengurus Alumni dan Simpatisan Syaichona Moh. Cholil (ASSCHOL) Pusat merealisasikan rapat persiapan Haul Akbar Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil yang akan digelar pada bulan Ramadhan. Rapat bertempat di kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil RKH. Fakhrillah Aschal, M.Pd.I (Senin, 31/1). Haul akbar Ramadhan ini merupakan acara tahunan dengan rangkaian kegiatan meliputi; Haul KHS. Abdullah Schal, Khatmil kitab, Ijazah Dalaiul Khoirot, dan Haul Syaikhona Mohammad Kholil Bangkalan.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, di awal rapat RKH. Fakhrillah Aschal menyampaikan seraya berdoa dengan penuh harapan bahwa semoga dengan berkhidmat dalam membantu haul ini bisa membawa keberkahan pada kita semua yang tidak hanya berkah di dunia tapi juga ke akhirat kelak.

Pada haul akbar ini, Beliau merencanakan akan memberikan beberapa ijazah seperti wiridan Taskhirul Qulub, Dalailul Khoirot dan lain-lain kepada para hadirin (tamu-tamu yang hadir). Hal ini sebagai amal jariyah untuk ayahanda KHS. Abdullah Schal beserta para dzurriyahnya.

Selain itu, pada Haul Akbar Syaichona Moh. Cholil tahun 2022 ini akan dilaksanakan dengan dua model acara yaitu pada malam tanggal 27 Ramadhan akan di isi dengan pengajian umum yang nantinya akan mengupas tentang sejarah Syaichona Moh. Cholil dan malam tanggal 28 Ramadhan akan di isi dengan pembacaan Yasin, Tahlil dan buka bersama serta dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Al-Habsyi pada malam hari atau setelah sholat Tarawih.

Tujuannya, sebagaimana disampaikan oleh Pengasuh, agar tidak hanya melaksanakan haul seperti biasanya yaitu pembacaan Yasin, Tahlil dan buka puasa bersama tetapi juga untuk mengenal lebih dekat tentang Syaichona Moh. Cholil Bangkalan melalui sejarah hidupnya.

Adapun Muballigh (penceramah) yang direncanakan langsung oleh RKH. Fakhrillah Aschal dalam haul akbar KHS. Abdullah Schal adalah Habib Toha bin Husein Al-Jufri Pontianak. Menurutnya, banyak masyarakat Bangkalan (khususnya) yang senang ketika mendengar ceramahnya Habib Toha karena penyampaian ceramahnya berbahasa Madura, jelas dan mudah dipahami.

Pada kesempatan rapat ini pula, juga membahas tentang evaluasi haul akbar pada tahun sebelumnya, kendala-kendala yang dihadapi, pemaparan pendapatan proposal haul tahun 2022 dari setiap Asschol Cabang, dan penetapan ketua panitia haul akbar tahun 2022 beserta kepanitiaan lainnya.

Sebagaimana disepakati oleh undangan rapat, bahwa ketua panitia pada haul akbar tahun 2022 tidak ada perubahan yaitu diamanahkan kembali kepada Ust. Ahmad Hafsin, M.Pd dan sekretaris kepada Ust. Zainal Arifin, M.Pd. Sedangkan hal teknis kepanitiaan pun juga tidak banyak perubahan dan banyak mengacu kepada tahun sebelumnya.

Reporter: Rofi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.