Asscholmedia.net – Syaikh Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairamiy asy-Syafi’i (w. 1221 h) dalam kitabnya Hasyiyah al-Bujairamiy ala al-Khatib mengatakan:

والحاصل أن السؤال عام لكل مكلف، ولم يسلم منه إلا الأنبياء وشهداء المعركة وعمر بن الخطاب وإمام الحرمين وهارون الرشيد وأما ضمة القبر فهي عامة لكل ميت وإن لم يكن مكلفا، ولم يسلم منها إلا الأنبياء وفاطمة بنت أسد وسؤال الملكين بالسرياني كما قاله الجلال السيوطي وهو أربع كلمات: الأولى أتره، الثانية أترح، الثالثة كاره، الرابعة سالحين؛ فمعنى الأولى: قم يا عبد الله إلى سؤال الملكين، ومعنى الثانية: فيم كنت ومعنى الثالثة: من ربك ما دينك، ومعنى الرابعة: ما تقول في هذا الرجل الذي بعث فيكم وفي الخلق أجمعين وقد ورد أن حفظ هذه الكلمات دليل على حسن الخاتمة، ميداني.

Kesimpulannya, bahwa pertanyaan di alam kubur itu umum untuk semua orang Mukallaf yang meninggal dunia dan tidak ada seorang pun bisa selamat dari pertanyaan tersebut kecuali para Nabi, orang yang mati syahid berperang membela agama Allah ﷻ, Umar bin al-Khattab ra, Imam al-Haramain, Raja Harun ar-Rasyid sedang himpitan alam kubur juga umum kepada semua orang yang meninggal dunia sekalipun bukan orang yang Mukallaf dan tidak ada yang bisa selamat darinya kecuali para Nabi dan Fatimah bin Asad.

Adapun bahasa yang digunakan 2 Malaikat yang bertugas menanyakan di alam kubur adalah bahasa Suryani hal itu sebagaimana yang telah disampaikan Syaikh Jalaluddin as-Suyuthiy ra, yaitu 4 kalimat: Pertama, أتره (Atrah). Kedua, أترح (Atrah). Ketiga, كاره (Karih). Keempat, سالحين (Salihin).

Kalimat-kalimat tersebut jika ditarjemahkan dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut:

Kalimat pertama: أتره jika di bahasa Arabkan: قم يا عبد الله إلى سؤال الملكين artinya: Berdirilah wahai hamba Allah ﷻ untuk menerima pertanyaan dau Malaikat. Kalimat kedua: أترح jika di bahasa Arabkan: فيم كنت artinya: Dimana (sekarang) engkau berada?. Kelimat ketiga: كاره jika di bahasa Arabkan: من ربك ما دينك artinya: Siapa Tuhanmu?, apa agamamu?. Kalimat keempat, سالحين jika di bahasa Arabkan: ما تقول في هذا الرجل الذي بعث فيكم وفي الخلق أجمعين artinya: Bagaimana pendapatmu tetang laki-laki ini (Nabi Muhammad ﷺ) yang diutus padamu dan kepada semua makhluk?

Terdapat keterangan yang mengatakan, bahwa barang siapa yang hafal 4 kalimat di atas maka ia tandanya akan mati khusnul khatimah. Dikutip dari pendapat Syaikh Midaniy. Waallahu A’lam.

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

✍️ Syaikh Sulaiman bin Muhammad bin Umar al-Bujairamiy asy-Syafi’i| Hasyiyah al-Bujairamiy ala al-Khatib| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz 2 hal 586.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.