Satu Bacaan Sholawatmu Mampu Membebaskan Siksa Ahli Kubur


Asscholmedia.net – Di riwayatkan, pada suatu hari ada seorang wanita datang mengadu pada al-Hasan al-Bishri ra.

“Wahai al-Hasan! Putriku telah meningga Bul dunia. Aku ingin mengetahui keadaannya di alam baka sana melalui mimpi”. Ujar wanita itu.

al-Hasan al-Bishri ra berkata: “Setelah sholat isya’ akhir, sholatlah kamu empat rakaat. Setiap rakaat engkau membaca al-Fatihah dan at-Takatsur masing-masing satu kali kemudian tidurlah miring sambil membaca sholawat pada Baginda Nabi Muhammad ﷺ sehingga engkau terlelap tidur”.

Lalu pulanglah wanita itu dan melaksanakan apa yang telah diperintahkan al-Hasan al-Bishri ra. Dalam tidurnya dia bermimpi melihat putrinya berada dalam siksa kubur. Berpakian aspal cair, tangannya terbelenggu dan kakinya dirantai dengan rantai api neraka. Setelah terbangun dari tidurnya wanita itu bergegas mendatangi al-Hasan al-Bishri ra menceritakan apa yang dialami dalam mimpinya.

“Bersedekahlah engkau! Agar Allah ﷻ mau mengampuni putrimu”. Anjur al-Hasan al-Bishri ra.

Kemudian di malam itu juga al-Hasan al-Bishri ra bermimpi bertemu dengan putri wanita itu sedang berada di taman dari taman-taman surga. Dia duduk di singgasana yang dikelilingi pelayan-pelayan perempuan elok nan cantik dan kepalanya terpakai mahkota yang terbuat dari cahaya.

Putri wanita itu berkata: “Wahai al-Hasan! Apakah engkau mengenalku?”. Sapa putri wanita itu. “Tidak”. Jawab al-Hasan al-Bishri ra.

“Aku adalah putri dari wanita yang engkau perintahkan agar melakukan sholat.” Sambung putri wanita itu.

al-Hasan al-Bishri ra kemudian bertanya: “Ibumu telah banyak bercerita padaku tentang keadaanmu, adakah tanda-tanda lain selain ini yang membuktikan engkau adalah putrinya?

“Tidak ada wahai al-Hasan! Hanya itu yang bisa aku ceritakan persis sebagaimana apa yang pernah diucapkankan ibuku.”

Kemudian al-Hasan al-Bishri ra bertanya lagi: “Lalu bagaimana engkau bisa berada di tempat ini?”.

“Aku telah mendapat tujuh puluh ribu siksa di dalam kuburku seperti yang diceritakan ibuku. Lalu ada orang yang sholeh ketepatan lewat di dekat kuburannku sembari membaca sholawat pada Baginda Nabi Muhammad ﷺ satu kali dan pahalanya dihadiyahkan pada kami ahli kubur, maka dengan barokah sholawat itu Allah ﷻ membebaskan siksa kubur kami dan segala kenikamatan yang Anda lihat ini adalah bagian pahala shalawat orang sholeh itu yang sampai kepadaku. Ini adalah bukti barokah membaca sholawat pada Baginda Nabi Muhammad ﷺ”.

Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

✍️ Sa’adu ad-Daraini fi as-Sholati ala Sayyidi al-Kaunaini| Daru al-Kutub al-Ilmiyah| Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabahaniy| Hal, 138.

✍️ Hadaiqu al-Aulia| Daru al-Kutub al-Ilmiyah| Ibnu al-Mulaqqin, Al-Imam Sirajuddin Abu Hafs Umar bin Ali Al-Andalusi At-Tukuruwi Al-Mishri Asy-Syafi`i| Juz 1, hal 28-29.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.