Hargai Pemberian Orang Lain, Meski Tidak Sesuai Selera

Asscholmedia.net – “Duh, kok hanya segini isi jajan Berkat [1]nya” Kata salah seorang keluarga saya ketika saya datang dari kondangan Maulidan bawa Berkat.

Bacaan Lainnya

“Ssstt, gak boleh bilang gitu, hargai sedekah dan pemberian orang lain” kata ibu saya.

Kata-kata seperti ini tidak jarang dilontarkan orang, sebagai nyinyir terhadap tetangganya yang memberi hidangan acara Maulid yang kurang lengkap.

*****

Agar tidak seperti cerita keluarga saya di atas, mari kita simak sepenggal kisah teladan dari Nabi ﷺ.

Suatu ketika Rasulullah ﷺ sedang makan buah jeruk yang diberi oleh salah seorang sahabatnya, tidak biasanya Rasulullah ﷺ makan sendirian tanpa menawarkan pada orang lain.

Para sahabat yang lain keheranan dengan sikap Nabi ﷺ yang tak biasa, tapi beliau tidak menghiraukan sikap para sahabat yang penuh tanda tanya, sembari menikmati buah jeruk sampai habis.

Setelah habis, salah satu sahabat tidak sabar lalu bertanya kepda beliau, perihal sikapnya yang tak biasa. Nabi ﷺ hanya tersenyum lalu menjawab “Andai kamu diberi jeruk ini lalu memakannya, mungkin kamu akan bilang jeruk ini kecut sekali”

Demi menjaga perasaan si pemberi, Nabi ﷺ menghabiskan buah jeruk yang rasanya sangat kecut, tampa menyuguhkan kepada yang lainnya. Sehingga yang memberi merasa puas dan senang.

Sikap seperti ini yang harus kita teladani, bahwa nabi sangat menghargai orang lain, menjaga perasaan dan lebih peduli terhadap orang lain.

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.” (QS Al-Qalam: 4)

Semoga di bulan Maulid kali ini kita bisa mengambil ibrah (pelajaran) dan bisa meneladani akhlak Nabi ﷺ yang sangat muliya.
____________________
[1] Berkat dalam bahasa Madura atau Jawa adalah semacam oleh-oleh yang diberikan tuan rumah pada para undangan untuk dibawa pulang.

Penulis: Shofiyullah el-Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.