Cara Mengusir Ular

Asscholmedia.net -Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu, kadang-kadang terasa panas menyengat, lalu tiba-tiba turun hujan sangat lebat.

Pada suasana cuaca yang tidak menentu itu, seringkali hewan-hewan yang biasanya bersarang dalam tanah keluar dan berkeliaran. Tidak sedikit yang masuk ke rumah-rumah, semisal ular dan kalajengking yang membahayakan.

Pada intinya setiap hewan yang mengganggu atau membahayakan boleh dibunuh, meskipun pada waktu-waktu tertentu tidak mengganggu, karena pada dasarnya ia adalah hewan yang mengganggu.

Lalu bagaimana ketika melihat ular di dalam rumah? Maka, berserulah sebanyak tiga kali. Jika ular itu belum juga lari maka bunuhlah. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Ghunyah karya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

وصفة الإيذان أن يقول : إمض بسلام لاتؤذنا

Adapun bentuk seruannya, semisal; “Pergilah dengan selamat, jangan ganggu kami!”

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ حَيَّاتِ الْبُيُوتِ فَقَالَ إِذَا رَأَيْتُمْ مِنْهُنَّ شَيْئًا فِي مَسَاكِنِكُمْ فَقُولُوا أَنْشُدُكُنَّ الْعَهْدَ الَّذِي أَخَذَ عَلَيْكُنَّ نُوحٌ أَنْشُدُكُنَّ الْعَهْدَ الَّذِي أَخَذَ عَلَيْكُنَّ سُلَيْمَانُ أَنْ لَا تُؤْذُونَا فَإِنْ عُدْنَ فَاقْتُلُوهُنَّ

Dari Abdurrahman bin Abu Laila, dari Bapaknya berkata, “Rasulullah pernah ditanya tentang membunuh ular yang ada dalam rumah, beliau pun bersabda; “Jika salah seorang dari kalian melihat mereka berada di rumah-rumah kalian, maka katakanlah kepada mereka, ‘Aku sumpahi kalian atas janji yang pernah Nuh ambil dari kalian, aku sumpahi kalian atas janji yang pernah Sulaiman ambil dari kalian; yakni agar kalian tidak mengganggu kami, jika mereka tetap kembali maka bunuhlah mereka.”

Cara meruqyah diri agar terhindar dari sengatan hewan yang berbisa, yaitu membaca bacaan khusus sebagaimana hadits Nabi ﷺ di bawah ini.

وقال ﷺ من قال حين يمسى ثلاث مرات : صلى الله على نوح وعلى نوح السلام، لم تلدغه عقرب تلك الليلة

Nabi ﷺ bersabda, “Barang siapa ketika waktu sore membaca “Shallallahu ‘ala Nuhin, wa ‘ala Nuhin as-salam” sebanyak tiga kali, maka kalajengking tidak akan menyengatnya malam itu.”

وقال ﷺ من قال حين يمسى ثلاث مرات : أعوذ بكلمات الله التامات كلها من شر ما خلق، لم تضره حمة تلك الليلة

Nabi ﷺ juga bersabda, “Barang siapa ketika waktu sore membaca “Audzu bikalimatillahi at-tammati kulliha min syarri ma khalaq” maka hewan berbisa tidak akan membahayakannya malam itu.”

Waallahu A’lamu

Penulis: Shofiyullah El-Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.