Maksud Dakwah Bil Hikmah

Asscholmedia.net – Menuju Milad 1 tahun Nusya TV, channel YouTube milik RKH. Fakhrillah Aschal dengan slogan “Dakwah bil Hikmah.”

Pada zaman melenial seperti sekarang ini, di mana internet telah ‘menyatu’ dengan kehidupan manusia, dakwah tidak hanya dilakukan sebatas dari panggung ke panggung. Lebih dari itu, dakwah harus bisa beradaptasi dengan trend masa kini.

Menurut laporan perusahaan media asal Inggris, We Are Social, bekerja sama dengan Hootsuite, keduanya merilis laporan “Digital 2021: The Latest Insights Inti The State of Digital” yang diterbitkan pada 11 Februari 2021.

Laporan ini berisi hasil riset mengenai pola pemakaian media sosial di sejumlah negara. termasuk di Indonesia.

Waktu yang dihabiskan pengguna WhatsApp di Indonesia yaitu sekitar 30,8 jam per bulan, Facebook 17 jam per bulan, Instagram 17 jam per bulan, TikTok 13,8 jam per bulan, kemudian Twitter 8,1 jam per bulan.

Dari sekian banyak layanan video streaming, YouTube masih menduduki posisi teratas dengan rata-rata waktu penggunaan 25,9 jam per bulan. (Kompas.com)

Mengingat banyaknya jumlah pengguna dan lamanya durasi pemakaian media sosial lewat ponsel di negara Indonesia, maka sangat strategis menyebarkan dakwah lewat dunia internet.

Diakui atau tidak, pengajian-pengajian umum yang biasa di gelar di tengah-tengah masyarakat mulai sepi penggemar. Saat ini masyarakat lebih minat mendengarkan tausiyah keislaman lewat genggaman HP.

Maka keberadaan channel YouTube Nusya TV diharapkan dapat mengimbangi informasi-informasi yang kurang berfaidah, sebagai konsumsi harian warga internet.

Jargon “Dakwah bil Hikmah” diambil bukan tanpa alasan dan pertimbangan. Pasalnya serbuan video-video tidak bermoral yang banyak mewarnai dunia internet sudah tidak bisa dibendung lagi, terlebih dengan hadirnya aplikasi-aplikasi video yang mudah diakses dan banyak digemari, semisal; TikTok, Snack Video, Instagram dan lain sebagainya.

Maka satu-satunya cara adalah mewarnai atau mengimbangi serbuan informasi yang kurang berfaidah tersebut. Dengan Dakwah bil Hikmah, maksudnya tidak perlu memakai kekerasan atau merusak tatanan, karena hal itu hanya akan memperkeruh keadaan.

Menuju Milad 1 tahun channel YouTube Nusya TV “Dakwah bil Hikmah,” semoga tetap mengudara, istiqamah berbagi ilmu, menyebar berkah dan kemanfaatan. Amin.

“Silahkan teman-teman Fakher’s Mania, semua kerangka foto profilnya pakai Nusya TV. Barakallahu Fikum ” Jazakumullah Ahsanal Jaza … “” (RKH. Fakhrillah Aschal). Sam’an wa Thaatan.

Penulis: Shofiyullah El-Adnany

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.