Penghargaan Terindah di Hari Raya Idul Fitri Berupa Ampunan Allah ﷻ

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Idul Fitri ibarat penghargaan dari Allah ﷻ pada orang-orang yang berpuasa. Dari itu Abu Ja’far mengatakan: “Idul Fitri adalah hari penghargaan bagi orang-orang yang telah berpuasa penuh di bulan Ramadhan.

Ketika orang-orang yang berpuasa telah mengerjakan puasa Ramadhan dan menghidupkan malam-malamnya, maka telah sempurna amalnya tinggal pahala yang mereka dapat yaitu ampunan Allah ﷻ. Ketika mereka keluar menuju sholat Idul Fitri, maka pahala tersebut dibagikan dengan sempurna hingga mereka kembali ke rumah masing-masing.

Momentum tersebut diabadikan dalam hadits marfu’ riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma:

ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﻋﻴﺪ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﻫﺒﻄﺖ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺑﻠﺪ ﻓﻴﻘﻔﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺃﻓﻮﺍﻩ ﺍﻟﺴﻜﻚ ﻳﻨﺎﺩﻭﻥ ﺑﺼﻮﺕ ﻳﺴﻤﻌﻪ ﺟﻤﻴﻊ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﺠﻦ ﻭﺍﻹﻧﺲ ﻳﺎ ﺃﻣﺔ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﺧﺮﺟﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﺭﺏ ﻛﺮﻳﻢ ﻳﻌﻄﻲ ﺍﻟﺠﺰﻳﻞ ﻭﻳﻐﻔﺮ ﺍﻟﺬﻧﺐ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻓﺈﺫﺍ ﺑﺮﺯﻭﺍ ﺇﻟﻰ ﻣﺼﻼﻫﻢ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ” ﻳﺎ ﻣﻼﺋﻜﺘﻲ ﻣﺎ ﺟﺰﺍﺀ ﺍﻷﺟﻴﺮ ﺇﺫﺍ ﻋﻤﻞ ﻋﻤﻠﻪ ﻓﻴﻘﻮﻟﻮﻥ : ﺇﻟﻬﻨﺎ ﻭﺳﻴﺪﻧﺎ ﺃﻥ ﺗﻮﻓﻴﻪ ﺃﺟﺮﻩ ، ﻓﻴﻘﻮﻝ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ : ﺃﺷﻬﺪﻛﻢ ﺃﻧﻲ ﻗﺪ ﺟﻌﻠﺖ ﺛﻮﺍﺑﻬﻢ ﻣﻦ ﺻﻴﺎﻣﻬﻢ ﻭﻗﻴﺎﻣﻬﻢ ﺭﺿﺎﻱ ﻭﻣﻐﻔﺮﺗﻲ ، ﻭﻳﻘﻮﻝ : ﺳﻠﻮﻧﻲ ﻓﻮﻋﺰﺗﻲ ﻭﺟﻼﻟﻲ ﻻ ﺗﺴﺄﻟﻮﻧﻲ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺷﻴﺌﺎ ﻓﻲ ﺟﻤﻌﻜﻢ ﻫﺬﺍ ﻵﺧﺮﺗﻜﻢ ﺇﻻّ ﺃﻋﻄﻴﺘﻜﻤﻮﻩ ﻭﻻ ﻟﺪﻧﻴﺎﻛﻢ ﺇﻻ ﻧﻈﺮﺕ ﻟﻜﻢ، ﺍﻧﺼﺮﻓﻮﺍ ﻣﻐﻔﻮﺭﺍً ﻟﻜﻢ، ﻗﺪ ﺃﺭﺿﻴﺘﻤﻮﻧﻲ ﻭﺭﺿﻴﺖ ﻋﻨﻜﻢ . ‏( ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺮﻓﻮﻉ ﺧﺮﺟﻪ ﺳﻠﻤﺔ ﺑﻦ ﺷﺒﻴﺐ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﻓﻀﺎﺋﻞ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ ).

“Apabila hari raya Idul Fitri tiba, malaikat turun ke bumi di setiap negeri, mereka berhenti di sana seraya berseru yang suaranya didengar oleh seluruh makhluk kecuali jin dan manusia: “Wahai umat Muhammad ﷺ, keluarlah kalian menuju Tuhan yang maha mulia, yang memberikan pahala dan mengampuni dosa yang besar. Apabila mereka telah sampai pada tempat sholat mereka Allah ﷻ berfirman: “Wahai malaikatku, apakah pahala bagi orang apabila telah selesai dari pekerjaannya?”. Malaikat berkata, “Wahai Tuhan kami, tentu ia diberikan upahnya”. Allah ﷻ berfirman, “Saksikanlah bahwa Aku memberikan pahala dari puasa dan sholat mereka dengan keridhoan dan ampunan-Ku.” Dan Dia berfirman: “Mintalah dengan kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, tidaklah kalian meminta sesuatu pada hari ini untuk akhiratmu kecuali Aku berikan untuk kalian, dan tidaklah untuk duniamu kecuali Aku perlihatkan untuk kalian, pulanglah dengan kalian ampunan, kalian telah membuat-Ku ridho dan Aku telah ridho pada kalian.” (Hadits diriwayatkan oleh Salamah bin Syabib dalam kitab keutamaan-keutamaan Ramadhan).

Wahhab Ibnu Munabbih Rahimahumullah mengatakan:

أن إبليس يرنُّ في كل عيد فتجتمع إليه الأبالسة فيقولون: يا سيدنا ممّ غضبك أم من السماء أم من الأرض أم من الجبال حتى تكسرها؟ فيقول: إن الله تعالى قد غفر لأمة محمد في هذا اليوم فعليكم أن تشغلوهم باللذات وشرب الخمور حتى يغضب الله عليهم.”

“Sesungguhnya iblis menjerit setiap kali datang hari raya”. Lalu anak buah iblis berkumpul dan bertanya: “Wahai tuanku, apa yang menyebabkan kamu menjerit dan marah? Apakah dia berasal dari penduduk langit, dari penduduk bumi atau dari gunung hingga engkau akan menghancurkannya?”.
Iblis lantas berkata: “Sesungguhnya Allah ﷻ hari ini telah mengampuni umat Muhammad ﷺ, maka tugas kalian sekarang, sibukkan mereka kelezatan dunia dan minuman-minuman keras agar Allah murka pada mereka.”

Waallah A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

📔Abu Hamid al-Ghazali| Mukasyafati al-Qulub al-Muqarrabu ila ‘allami al-Ghuyub| Daru Shadar Bairut hal 284.

📔 Ibnu Utsman ash-Shafwariy| Nuzhatu al-Majalis wa Muntakhabu an-Nafais| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz 1 hal 229.

📔 Latha-if al-Ma’arif fima li Mawasimi al-‘Ami al-Wadhaif | Darul al-Kutub al-Ilmiyah hal 374.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas