Asscholmedia.net – Setiap manusia yang normal, tentu berharap dalam perjalan hidupnya ingin selalu sukses dan idealโ€”baik di mata Allah ๏ทป dan mata manusia. Namun harapan hidup ideal tidak semudah memerankan bintang senitron, tokoh protagonis yang hidup sukses. Karena kadang di persimpangan kehidupan, seseorang bisa tersesat hingga harus terjatuh ke dalam kubangan lumpur dosa. Baru kemudian menemukan denah hidup yang pasti, yang diidamkan oleh semua orang.

*****

Dahulu ada seorang remaja bernama Zadan yang hidup terjerumus dalam lembah kelam, menjadi pemusik dan penyanyi di Club malam di kota Kufah. Setiap hari ia bergelut dengan gemerlap hiburan dan miras, wanita dan kemaksiatan. Namun pada suatu hari secercah cahaya mengantarkannya ke jalan hidayah yang kelak akan menjadikannya seorang yang dimuliakan dan diabdikan kebaikannya oleh masa.

Hidayah itu bermula, saat Abdullah bin Mas’ud raโ€”salah seorang sahabat Nabi ๏ทบ, tanpa sengaja melewati sebuah kawasan di kota Kufah. Beliau melihat perkumpulan orang fasik yang sedang minum minuman keras yang diiringi alunan musik yang dibawakan seorang penyanyi bernama Zadan dengan suara emasnya.

Ketika Abdullah bin Mas’ud ra mendengarkan suara Zadan yang mendayu merdu, sembari menutupkan serban di kepalanya beliau berkata: “Betapa indah suara ini, jika saja digunakan untuk membaca kitab Allah ๏ทป (al-Qur’an).” Kemudian Abdullah bin Mas’ud ra berlalu meninggalkan tempat tersebut.

Lamat-lamat bercampur diktuman musik Zadan sempet mendengar perkataan Abdullah bin Mas’ud ra.

Sepeninggalan Abdullah bin Mas’ud ra, Zadan bertanya pada orang-orang didekatnya: “Siapakah dia?”

Mereka berkata: “Dia Abdullah bin Mas’ud ra sahabat Rasulullah ๏ทบ.”

Apa yang diucapkannya?” Tanya Zadan lagi dengan nada serius.

Mereka berkata: “Betapa indah suara ini, seandainya saja digunakan untuk membaca kitab Allah ๏ทป (al-Qur’an).”

Mendengar jawaban mereka, hati Zadan seperti tertindih gunung himalaya kerena ada perasaan takut yang menerkam, seketika itu ia membantingkan alat musiknya hingga pecah berkeping-keping lalu berlari menyusul Abdullah bin Mas’ud ra.

Sesampainya dihadapan Abdullah bin Mas’ud ra, Zadan menangis sejadi-jadinya karena takut akan siksa Allah ๏ทป.

Melihat hal itu, Abdullah bin Mas’ud ra pun merangkul Zadan lalu keduanya larut dalam hiruk tangis masing-masing.

Abdullah bin Mas’ud bergumam: “Bagaimana aku tidak menyukai terhadap orang yang Allah ๏ทป telah suka kepadanya?”

Setelah itu bertaubatlah Zadan dari semua dosa-dosanya.

Pasca kejadian itu, Zadan tidak pernah lagi mau berpisah dengan Abdullah bin Mas’ud ra. Ia akhirnya tekun belajar al-Qur’an kepada Abdullah bin Mas’ud ra dan mendapatkan banyak ijazah bacaan al-Qur’an serta ilmu lainnya hingga Zadan menjadi seorang imam besar yang alim allamah dalam hal ilmu dengan bukti banyaknya hadits yang datang dari Zadan dari riwayat Abdullah bin Mas’ud ra.

Wallahu A’lam.

Penulis: Abdul Adzim

Kisah ini disadur dari kitab Tambihu al-Ghafilin, cet. Daru ar-Arqam hal. 88-89 karya Abu a-Laits Nashir bin Muhammad bin Ibrahim as-Samarqandiy (w. 373 H).

ูˆูŽุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆูุฏ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ู‡ูุŒ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุฑู‘ูŽ ุฐูŽุงุชูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ูููŠ ู…ูŽูˆู’ุถูุนู ู…ูู†ู’ ู†ูŽูˆูŽุงุญููŠ ุงู„ู’ูƒููˆููŽุฉูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู’ููุณู‘ูŽุงู‚ู ู‚ูŽุฏู ุงุฌู’ุชูŽู…ูŽุนููˆุง ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุดู’ุฑูŽุจููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑูŽ ูˆูŽูููŠู‡ูู…ู’ ู…ูุบูŽู†ู‘ู ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุฒูŽุงุฐูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุถู’ุฑูุจู ูˆูŽูŠูุบูŽู†ู‘ููŠ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุตูŽูˆู’ุชูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุณูŽู…ูุนูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ
ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽุง ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ุชูŽ ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ุฑู‘ูุฏูŽุงุกูŽ ูููŠ ุฑูŽุฃู’ุณูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุถูŽู‰.

ููŽุณูŽู…ูุนูŽ ุฒูŽุงุฐูŽุงู†ู ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุตูŽุงุญูุจูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุŒ ููŽุฃูŽูŠู‘ูŽ ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุงู„ูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ุชูŽ ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู.

ููŽุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู ุงู„ู’ู‡ูŽูŠู’ุจูŽุฉู ูููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽุถูŽุฑูŽุจูŽ ุงู„ู’ุนููˆุฏูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ููŽูƒูŽุณูŽุฑูŽู‡ูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุณู’ุฑูŽุนูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽู‡ู ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูู†ู’ุฏููŠู„ูŽ ูููŠ ุนูู†ูู‚ู ู†ูŽูู’ุณูู‡ูุŒ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูŠูŽุจู’ูƒููŠ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ููŽุงุนู’ุชูŽู†ูŽู‚ูŽู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูŠูŽุจู’ูƒููŠ ูƒูู„ู‘ูŽ ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู: ูƒูŽูŠู’ููŽ ู„ูŽุง ุฃูุญูุจู‘ู ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุญูŽุจู‘ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ููŽุชูŽุงุจูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูู†ููˆุจูู‡ู. ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูŠูู„ูŽุงุฒูู…ู ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุญูŽุธู‘ู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูุŒ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุตูŽุงุฑูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ู‹ุง ูููŠ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ูุŒ ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุงุกูŽ ูููŠ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑู ุนูŽู†ู’ ุฒูŽุงุฐูŽุงู†ูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง.

๐‘บ๐’†๐’Ž๐’๐’ˆ๐’‚ ๐’Ž๐’†๐’๐’‹๐’‚๐’…๐’Š ๐’Š๐’๐’”๐’‘๐’Š๐’“๐’‚๐’”๐’Š ๐’…๐’‚๐’ ๐’Ž๐’‚๐’๐’‡๐’‚๐’‚๐’•. ๐‘จ๐’Ž๐’Š๐’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.