KH. Abdullah Schal (Demangan Barat Bangkalan) bersama KH. Ahmad Bushiri Nawawi (Kajuk Sampang)

Asscholmedia.net- KH. Ahmad Bushiri Nawawi atau lebih dikenal dengan sebutan Kyai Bushiri Kajuk. Penduduk Sampang Madura pasti mengenal sosok Kyai panutan dan karismatik yang satu ini. Beliau adalah salah tokoh yang berpengaruh di Sampang Madura pada masa hidupnya. Beliau adalah pendiri Pondok Pesantren Assirojiyyah yang resmi didirikan oleh beliau pada 1 Juni 1959 bertepatan dengan 15 Syawal 1379 Hijriah. Beliau adalah putra dari KH. Nawawi bin Abdurrahim menikah dengan Ny. Hj. Siti Ghoutsiyah putri dari KH. Ahmad Wardi Siradj bin KH Sirajuddin, Mursyid Thoriqoh Naqsyabandiyah pada masa itu.

Nama Pondok Pesantren Assirojiyyah dinisbatkan kepada KH. Sirajuddin yang merupakan kakek mertua dari KH Ahmad Bushiri Nawawi. Pondok Pesantren Assirojiyyah yang berada di kampung Kajuk Kelurahan Rongtengah yang terletak di pusat kota Sampang ini merupakan salah satu Pesantren yang masih mempertahankan pendidikan salaf murni non formal—mulai sejak berdiri hingga sekarang.

Penulis, sejak lama ingin sekali menulis tentang sejarah beliau namun belum berani karena minimnya informasi yang dimiliki penulis. Tetapi karena didorong rasa kecintaan dan kekaguman pada beliau sebagai sesama alumni Sidogiri sekaligus maha guru penulis dan banyaknya famili penulis yang menjadi santri beliau serta mertua penulis yang merupakan murid thoriqoh dari KH Sirajuddin dan KH Ahmad Wardi Siradj, akhirnya penulis memberanikan diri sekedar membuat catatan kecil tetang sejarah beliau untuk pribadi penulis dan sebagai dokumentasi ingatan agar penulis tidak lupa dikemudian hari.

Saat penulis masih di Sidogiri, penulis sering mendengar kisah tentang beliau sebagai kepala keamanan pusat atau Kabag. Keamanan Pondok Pesantren Sidogiri yang dikenal dengan pesan dawuh:

“Mun santreh e pondok ngecok jerum, mengmoleh bekal ngecok jeren”

Artinya kurang lebih: “Kalau santri ketika di pondok berani mencuri jarum, maka tidak ayal kalau sudah pulang ke rumahnya akan berani mencuri kuda”.

Konon, beliau mondok di Sidogiri hingga 3 kali periode. Berawal dari beliau di tugas guru beliau untuk pindah ke Tebuireng Jombang hanya sekitar satu tahun terus kembali lagi ke Sidogiri tidak lama kemudian beliau diperintahkan lagi pindah lagi ke Pondok Janpes Kediri yang di asuh KH. Ihsan Janpes. Di Janpes Kediri beliau pernah di perintahkan KH. Ihsan Janpes untuk meneruskan kajian kitab Siroju at-Thalibin kepada para santri KH. Ihsan Janpes. Setelah itu kembali lagi ke Sidogiri.

Beliau ketika masih belajar di Sidogiri, kehidupan beliau boleh dikata sangat memprihatinkan karana beliau jarang dikirim oleh orang tua beliau. Konon, beliau hanya punya satu sarung yang dipakainya sehari namun tidak membuat beliau putus semangat untuk terus menggali ilmu di bumi barokah Pondok Pesantren Sidogiri. Pernah pula dikisahkan, ketika sholat berjamaah subuh di Sidogiri dari nikmatnya beliau ibadah, beliau hingga tak sadarkan diri.

Selama di Sidogiri beliau merupakan teman karib KH. Abdulloh Schal Bangkalan. Beliau diberi tugas sebagai seorang Muazdin di sidogiri sampai boyong sedangkan KH. Abdulloh Schal diberi tugas sebagai penabuh Beduk atau Jedor tanda masuknya waktu sholat.

Beliau dikenal oleh masyarakat Sampang dan santrinya sebagai sosok Kyai yang sufistik nan khumul (tidak suka ketenaran). Semasa hidup, beliau tidak suka di panggil Kyai. Para santri beliau dan masyarakat sekitar Sampang memanggilnya dengan sebutan Mu’allim (guru) kerena beliau tidak pernah merasa memiliki santri, santri yang ada menurut beliau hanyalah titipan dari gurunya—Masyaikh Sidogiri.

Subhanallah, semoga kita bisa meneladani napak tilas kehidupan mulia dan memperoleh siraman barokah dari beliau. Amin..

Referensi: dari berbagai sumber

Posted by: Abdul Adzim

NB: Salah satu karya beliau yang masih abadi dikumandangkan sebelum sholat Isya’ saat bulan Ramadhan, baik di Pondok Pesantren Assirojiyyah atau oleh masyarakat sekitar Sampang Madura adalah kalam syair berbahasa Madura yang indah tetang kewajiban puasa Ramadhan berserta syarat dan rukunnya. berikut penggalan lirik syair yang ditulis beliau:

اَسْمَا اللّٰهْ سِيْ أَصِفَةً بَلَّاسْ تُوْرْ أَسِيْ •
كَوْلاَ مُوْجِيْ كُوْدُوْه غَغْكُوْي أَتِيْه سِيْ بَرْسِيْ

مُوْكَا كَتّمْبَانَهْ رَحْمَةً سَارَغْ سَلاَمْ •
كَنْجَغْ نَبِيْ مُحَمَّدْ فِيْمفِيْنً عَالَمْ

Selanjutnya bisa Anda lihat dalam rekaman vedio di:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=902619360520174&id=100023163541814
.

One Reply to “Mengenang KH. Ahmad Bushiri Nawawi Kajuk Sampang Madura”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.