๐Ÿšฉ|Kisah Inspiratif|2

Asscholmedia.net – Dikisahkan. Ada seorang anak laki-laki berkata kepada Ayahnya: โ€œAyah, aku ingin menikahi seorang gadis yang pernah aku lihat, dan aku kagum pada paras cantik dan pesona matanyaโ€.

Mendengar cerita putranya, sang Ayah begitu senang dan gembira sembari berkata: โ€œTinggal dimana gadis itu wahai putraku? Biar nanti ayah yang mengantarmu melamarnyaโ€.

Pergilah keduanya menemui sang gadis tersebut. Ketika sang ayah melihat gadis itu, ia pun tertarik, dan berkata kepada putranya:

โ€œDengarlah putraku! Gadis ini bukan level (ukuran)mu, kamu tidak cocok dengannya. Gadis ini cocok dengan pria yang memiliki pengalaman hidup seperti ayahโ€.

Terkejutlah si anak mendengar kata-kata ayahnya, dan berkata: โ€œTidak! Aku yang akan menikahinya, bukan Ayah!โ€

Keduanya pun ribut, dan memutuskan pergi ke kantor polisi untuk menyelesaikan masalah.

Baca juga:ย 

Sesampai di kantor polisi keduanya menceritakan permasalahannya kepada seorang petugas polisi. Lalu, polisi itu berkata: โ€œHadirkan gadis itu kesini, agar aku bisa bertanya kepadanya siapa yang akan ia inginkan: si anak atau bapaknyaโ€.

Ketika petugas polisi melihat gadis itu, ia pun tertarik dengan sikap ramah dan pesonanya.

Lalu polisi itu berkata: โ€œGadis ini tidak cocok untuk kalian berdua, ia cocok untuk orang terkemuka di negeri ini seperti aku!โ€

Ketiganya pun ribut. Lalu mereka pergi menghadap menteri.

Dan ketika menteri melihat gadis itu, ia berkata: โ€œGadis ini tidak ada yang cocok untuk kalian menikahi, kecuali seorang menteri seperti aku!โ€

Keributan terjadi lagi. Akhirnya sampailah mereka menghadap Presiden.

Presiden berkata: โ€œAku akan memutuskan masalah kalian. Hadirkan gadis itu ke sini!โ€

Ketika presiden melihat gadis itu, ia berkata: โ€œTidak ada yang cocok untuk menikahinya, kecuali seorang presiden seperti aku!

Terjadilah perdebatan antara mereka.

Lalu gadis itu berkata: โ€œAku punya solusi!! Kita adakan perlombaan. Aku akan berlari, dan kalian semua berlari di belakangku, siapa yang bisa mengikatku pertama kali, Aku menjadi miliknya maka dialah yang menikahikuโ€.

Dan benarlah, ketika gadis itu berlari, kelima laki-laki: anak, bapak, petugas polisi, menteri dan presiden, berlari mengejar gadis tersebut dari belakang.

Namun tiba-tiba kelimanya jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam.

Kemudian, sambil melihat mereka dari atas, gadis itu berkata: โ€œApakah kalian tahu siapa aku? Aku adalah dunia!!

Aku adalah sesuatu yg dikejar dan diperebutkan oleh semua orang, mereka berlomba untuk mendapatkan aku, hingga mereka lalai terhadap agama mereka.

Mereka bersenang-senang untuk mengejarku, sampai akhirnya masuk ke liang kubur, namun mereka tidak memenangkan atas dirikuโ€.

ุงู„ู„ู‡ู… ู„ุงุชุฌุนู„ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุฃูƒุจุฑ ู‡ู…ู†ุง

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai keinginan terbesar kami.”

Rasulullah bersabda ๏ทบ:

ู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูˆูŽุงุฏู ู…ูู†ู’ ุฐูŽู‡ูŽุจู ุงู„ู’ุชูŽู…ูŽุณูŽ ู…ูŽุนูŽู‡ู ูˆูŽุงุฏููŠู‹ุง ุขุฎูŽุฑูŽ ูˆูŽู„ูŽู†ู’ ูŠูŽู…ู’ู„ูŽุฃูŽ ููŽู…ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ุชูู‘ุฑูŽุงุจู ุซูู…ูŽู‘ ูŠูŽุชููˆุจู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุงุจูŽ

โ€œSeandainya manusia diberi dua lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan lembah yang ketiga. Yang bisa memenuhi dalam perut manusia hanyalah tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.โ€ (HR. Bukhari no. 6436).

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ู…ูŽู„ู’ุนููˆู†ูŽุฉูŒ ู…ูŽู„ู’ุนููˆู†ูŒ ู…ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ูˆูŽุงู„ูŽุงู‡ู ูˆูŽุนูŽุงู„ูู…ูŒ ุฃูŽูˆู’ ู…ูุชูŽุนูŽู„ู‘ูู…ูŒ

โ€œDunia itu terlaknat dan segala yang terkandung di dalamnya pun terlaknat, kecuali orang yang berdzikir kepada Allah, yang melakukan ketaatan kepada-Nya, seorang โ€˜alim atau penuntut ilmu syarโ€™i.โ€ (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah).

Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

๐Ÿ“ŒMuhammad bin Abdullah bin Muhammad al-Farih| an-Nahru al-Jari Hukmun wa Rawai’min Waqi’i al-Hayah| al-‘Ubaikan publishing hal 176-177.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.