Rumah Tangga Nabi Adam dan Ibu Hawa

Tidak ada komentar 86 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Pasca kepulangan Nabi Adam as dan Ibu Hawa ke tanah Hindi (Hindustan), mereka berdua mulai membina biduk rumah tangganya layak manusia pada umumnya. Allah ﷻ memberi ilham pada Nabi Adam as agar menebang pepohonan, menggali sumur kemudian membuat rumah.

Dalam satu riwayat diceritakan, pada waktu itu Allah ﷻ juga menurunkan pada Nabi Adam as delapan pasang dari hewan diantaranya dua pasang kambing dua pasang domba, kemudian Allah ﷻ memerintahkan pada Nabi adam as agar meminum susu dari kambing dan domba tersebut serta menggunakan pakaian dari bulu-bulunya. Saat Nabi Adam as dan Ibu Hawa sedang berdua, mereka menangis karena teringat nikmat surga yang telah terputus dan tinggal kenangan. Konon dari air mata tangisan mereka, tumbuh kacang hijau dan kacang tanah.

Baca juga:

Dikesempatan lain Nabi Adam as mengadu pada Allah ﷻ tentang ketidak tahuannya pada waktu ibadah (sholat) dan dalam satu riwayat Nabi Adam as hanya diberi kewajiban sholat Subuh. Maka dari itu Allah ﷻ menurunkan ayam putih dari surga seukuran unta pada Nabi Adam as sebagai pengingat masuknya waku sholat. Di katakan, ayam tadi akan berkokok (bertasbih) saat mendengar tasbih para malaikat di langit.

Kemudian Allah ﷻ menurunkan 21 Suhuf (lembaran) yang didalamnya berisi hukum diharamkannya bangkai, darah dan daging babi dan lain sebagainya beserta huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 huruf agar Nabi Adam as bisa belajar membaca Suhuf (lembaran) dari huruf-huruf itu. Maka tidak akan ada satu manusia pun yang mampu menambahkan satu huruf dari huruf-huruf Hijaiyah hingga hari qiyamat.

*****

Imam Tsa’labiy menuturkan : Ketika Ibu Hawa hamil dan janin dalam kandungannya sudah bisa bergerak, Dia kaget dan bertanya-tanya. Kenapa perutnya kini bisa bergerak-gerak sendiri?. Kemudian selang beberapa bulan Ibu Hawa melahirkan dengan dua anak kembar, laki-laki dan perempuan. Yang laki-laki diberi nama Habil dan yang perempuan diberi nama Layutsa.

Baca juga:

Setelah itu di tahun berikutnya ibu hawa hamil lagi dan lahirlah dua anak kembar, laki-laki dan perempuan. Yang laki-laki diberi nama Qobil dan yang perempuan di beri Iqlima. Dikatakan, Ibu Hawa mengalami hamil dan melahirkan hingga 20 kali. Setiap satu kandungan melahirkan dua anak kembar laki-laki dan perempuan, maka jumlah seluruh putra putrinya sebanyak 40 terdiri dari anak laki-laki dan perempuan. Dalam riwayat lain dikatakan, bahwa putra putri Nabi Adam as dan Ibu Hawa hingga mencapai 200 anak laki-laki dan perempuan semua kembar hanya Nabi Syis yang di keningnya terdapat Nur al-Musthofa Muhammad ﷺ yang lahir sendirian dalam 1 kandungan. Juga ada pendapat yang mengatakan bahwa putra putri Nabi Adam as terus bertambah selama Nabi Adam as hidup sampai berjumlah kurang lebih 40 ribu terdiri dari anak laki-laki dan perempuan sebagaimana yang firmankan Allah ﷻ:

ياأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَآءً وَاتَّقُواْ اللَّهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً [النساء:1]

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan)­ nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS. an-Nisa : 1).

Waallahu A’lamu

Penulis: 𝑨𝒃𝒅𝒖𝒍 𝑨𝒅𝒛𝒊𝒎

المراجع:

• بديع الزهور في وقائع الدهور للشيخ محمد أحمد ابن إياس الحنفي وفي رواية للشيخ الإمام جلال الدين السيوطي

• السبعيات في مواعظ البريات للشيخ الإمام أبي نصر محمد بن عبد الرحمن الهمداني

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas