Mencegah Penyakit Gatal Sebelum Terlambat

Tidak ada komentar 62 views
banner 160x600
banner 468x60

Assalamualaikum teman-teman, berjumpa lagi dalam rubrik kesehatan episode 2
Mari kita luangkan sedikit waktu untuk membaca informasi yang mau penulis bagi.

Teman-teman santri yang berbahagia, kali ini penulis akan mengulas tentang penyakit gatal.

Pastinya kita sudah sangat familiar dengan yang namanya GATAL. Nah secara definsi gatal itu sendiri diartikan sebagai sensasi yang tidak menyenangkan pada kulit yang menimbulkan keinginan untuk menggaruk atau ada juga yang bilang kalau gatal merupakan rasa sakit yang minimal.

Mengapa jika gatal terasa nyaman dengan digaruk? SALAH BESAR karena kita tertipu dengan kenyamanan sesaat, justru kalau gatal kalian garuk terus menerus kulit akan menampakkan sensasi perubahan warna sehingga lama kelamaan akan menjadi luka baru, nah di kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi tentang salah satu penyakit yang umumnya melanda pada lingkungan dengan populasi banyak seperti asrama, rumah susun, atau semacamnya yang mana gejalanya adalah gatal (bahasa gaulnya bergitar ria)

Penyakit yang pernah penulis alami saat jadi santri aktif dulu dan mungkin hampir semua santri rasakan bersama hingga sekarang yakni adalah SCABIES atau dalam Bahasa Indonesia nya disebut GUDIKAN.

SCABIES atau GUDIKAN ini berasal dari parasit yang bernama Sarcoptes scabiei jadi ulah si parasit inilah kenapa kulit kita jadi terasa gatal apalagi pas saat malam-malam, rasanya ah mantap !!!

Parasit ini biasanya nongkrong disela-sela jari-jari, perut, lipatan paha bahkan disekitar kemaluan pun jadi tongkrongan si parasit ini, kemudian parasit akan menginvasi kulit kita semacam tubuh kita.

Berikut gambaran kulit yang diinvasi oleh parasit scabies.

Kita terlena dengan kenyamanan sesaat untuk menggaruk tanpa kita sadari lewat tangan kita sendiri kita bisa membawa ketempat yang baru dari kulit kita yang masih belum terjamah parasit akhirnya di tongkrongi oleh parasit, awalnya mungkin pergelangan tangan lalu digaruk entah itu telur atau parasitnya langsung terangkut nempel di kuku, kemudian tangan tadi menjamah bagian kulit lain dan parasit punya rumah baru disitu. Begitulah petualangan singkat parasit di kulit kita saat terjadi gatal.

Kita cukupkan dulu perkenalan singkatnya dengan penyakit ini. Mari kita lanjut pada beberapa tips semoga bisa membantu kalian agar terhindar dari parasit jahat yang mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Tips mencegah gatal-gatal pada kulit:

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar
  • Tidak saling pinjam pakaian maupun handuk yang sudah dipakai, usahakan kalau mau pinjam dalam kondisi sudah dicuci dan kembalikan dalam kondisi sudah tercuci pula
  • Kondisikan kulit selalu lembab karna kulit yang kering juga merangsang jadi gatal
  • Memakai pakaian yang sudah dicuci walaupun baru beli dari toko harus dicuci dulu.
  • Hindari makanan atau obat-obatan yang merangsang alergi pada individu tertentu
  • Rutin berolahraga

Tips saat kulit terasa gatal :

  • Jangan digaruk berlebihan, cukup usap secara lembut
  • Tidak mandi air hangat, sebaliknya mandilah dengan air dingin
  • Gunakan sabun yang lembut dan tidak menyebabkan kulit kering
  • Oleskan salep atau bedak gatal
  • Segera berobat ke dokter jika gatal tetap berlanjut

Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Penulis : dr. Muhammad Syaifudin (Alumni Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan)

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas