Imam Junaid al-Baghdadi dan Sholat Tahajjud

Tidak ada komentar 75 views
banner 160x600
banner 468x60


Asscholmedia.net – Ada sebuah kisah yang tercecer yang sempat diliris Syaikh Abu Bakar Syatha (w. 1300 H) dalam kitab I’anah ath-Thalibin tentang Imam Junaid al-Baghdadiy ra dan sholat Tahajjud setelah wafatnya:

أن الجنيد رؤي في النوم، فقيل له: ما فعل الله بك فقال: طاحت تلك الإشارات وغابت تلك العبارات، وفنيت تلك العلوم ونفدت تلك الرسوم، وما نفعنا إلا ركيعات كنا نركعها عند السحر.

Seseorang bermimpi melihat Imam Junaid al-Baghdadi ra -setelah kewafatan penghulu kaum Sufi itu. Orang itu bertanya, Apa yang telah Allah ﷻ lakukan padamu?” Imam Junaid menjawab, “Nasihat-nasihat yang aku berikan pada orang lain tidak aku dapatkan pahalanya. Kalimat-kalimat yang aku sampaikan pada murid-muridku juga tak aku dapatkan pahalanya. Ilmu-ilmu yang aku ajarkan kepada orang lain telah lenyap. Tulisan-tulisan yang aku ajarkan juga telah habis – semua tak aku dapatkan pahalanya. Yang tersisa hanyalah dua rakaat-dua rakaat ringan yang aku lakukan di waktu sahur (sebelum Subuh).”

Setelah merilis kisah ini, Syaikh Abu Bakar Syatha menjelaskan:

والمقصود من ذلك أن هذه الأمور لم يجد لها ثوابا لاقترانها في الغالب بالرياء ونحوه، إلا الركيعات المذكورة للإخلاص فيها. وإنما قال رضي الله عنه ذلك حثا على التهجد وبيانا لشرفه، وإلا فيبعد على مثله اقتران عمله برياء أو نحوه مع كونه سيد الصوفية.

“Maksud ucapan Imam Junaid itu adalah bahwa beliau tidak mendapatkan pahala dari perbuatan-perbuatan yang beliau sebutkan itu, karena pada umumnya kesemuanya disertai dengan riya (pamer) dan semacamnya. Kecuali dua rakaat-dua rakaat ringan yang dilakukan secara ikhlas di malam hari.”

Imam Junaid ra mengatakan demikian tidak ada lain karena mulianya sholat tahajjud dan sebagai pendorong agar kita semua gemar melakukannya. Jika tidak, maka tidak ada amal seorang pun yang selamat dari riya (pamer) dan semacamnya termasuk Imam Junaid ra sendiri padahal dia adalah penghulu kaum Sufi.

Waallahu A’lamu

Penulis: Abdul Adzim

Referensi:

Al-Allamah Abi Bakr Utsman bin Muhammad ad-Dimyathiy| I’anah al-Thalibin ‘ala Halli al-Fadz Fath al-Mu’in| Darul al-Kutub al-Ilmiyah 1/454

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas