Berpakaian Sembari Menghapus Dosa

Tidak ada komentar 176 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Disebutkan dalam kitab al-Adzkar (Daru al-Kutubu al-Ilmiyah hal, 24) karya an-Nawawi: Saat hendak betpakaian (baju, peci, surban atau selendang dll) disunnahkan membaca Bismillah kemudian membaca doa:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Artinya: “Ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”.

Sebagaimana hadist yang ceritakan Abi Said al-Khudriy ra, bahwa Rasulullah ﷺ selalu membaca doa diatas setiap kali berpakian.

Dalam riwayat lain dari hadist Mu’adz bin Anas ra Nabi ﷺ bersabda: Barang siapa yang berpakain kemudian membaca doa:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku dariku.

Maka Allah ﷻۢ akan mengampuni dosa-dosanya yang sudah lewat dan yang akan datang. (HR. Abu Daud no. 4023. Hasan). Lihat juga Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzzab 4/647.

Penulis: Abdul Adzim

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas