Pertemuan Wali Santri: Ra Nasih Aschal, Pengurus Pondok dan Wali Santri Harus Harmonis

banner 160x600
banner 468x60


Asscholmedia.net – Orang tua berperan penting dalam pendidikan anak-anaknya karena pendidikan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, di sinilah peran orang tua menjadi hal yang sangat urgen untuk memberikan contoh yang baik serta membiasakan perilaku yang baik kepada anak-anaknya sebab kebiasaan yang baik sejak kecil akan membantu membentuk karakter, kecerdasan dan budi seorang anak saat tumbuh dewasa nanti.

Kerjasama antara orang tua dengan para pendidik merupakan sebuah keniscayaan yang tak terelakkan untuk mencapai maksud dan tujuan pendidikan yang mulia, saling melengkapi dan memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Dari inilah kemudian pengurus Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan mengadakan kegiatan “Pertemuan Wali Santri” yang mana kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun atau kegiatan rutin tahunan Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan.

Kegiatan ini bertempat di halaman madrasah diniyah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Ahad (6/12/). Dihadiri oleh para wali santri putra, segenap jajaran pengurus harian, pengurus bagian, beserta majelis keluarga pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Pembacaan Taujihat Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan diwakili oleh RKH. Fakhruddin Aschal.

Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan RKH. Moh. Nasih Aschal, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa hadirnya para wali santri pada saat ini sangat antusis karena dilihat dari tempat yang disediakan tidak cukup padahal panitia sudah menyediakan sesuai dengan undangan yang disebarkan.
“Saya melihat wali santri yang hadir ini sangat antusias karena banyak yang tidak mendapatkan tempat duduk yang disediakan” ungkapnya.

“Mungkin antusias ini merupakan rasa rindu yang sudah lama tidak berjumpa dengan putra-putranya begitu juga dengan para guru-guru bahwa pertemuan ini sangat penting dilaksanakan. Terlebih sangat baik juga jika wali santri bisa bertemu langsung dengan para pengurus pondok pesantren karena mereka-mereka yang mengurus para santri setiap hari nya”, imbuhnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa pertemuan wali santri ini sekaligus sebagai wasilah (perantara) dalam menyamakan persepsi atau pendapat bagaimana para santri yang mondok di pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan bisa mendapat ilmu yang bermanfaat.

Dalam rangka mencapai tujuan yang sama antara orang tua dan pengurus pondok pesantren maka keduanya harus sejalan sehingga wali santri bisa paham dengan apa yang dilaksanakan di pondok pesantren.”Pengurus dan wali santri harus terjalin hubungan yang baik (harmonis) agar praktik di lapangan yang diterapkan oleh pengurus kepada santri juga bisa dipahami oleh wali santri, yang penting juga diperhatikan oleh semua wali santri adalah bagaimana perubahan perilaku yang terjadi pada putra-putri nya mulai dari sebelum mondok hingga berada di pondok pesantren saat ini.

“Pada intinya, diharapkan pada semua wali santri untuk turut mendukung pada semua program pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan baik program yang dilaksanakan di dalam pondok pesantren seperti pendidikan, maupun yang dilakukan di luar pondok pesantren seperti Koppontren dan lain-lainnya”, pungkasnya.

Penulis: Rofi

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas