JANGAN MUDAH MENGKAFIRKAN, SEBELUM MENGKAJI HAKIKAT KEBENARANNYA

Asscholmedia.net – Suatu ketika Syaikh Tajuddin as-Subkiy ra ditanya tentang seorang yang mengatakan:

أنا لا أرجو الجنة، ولا أخاف من النار، وآكل الميتة والدم .. وأصدِّق اليهود والنصارى، وأبغض الحقَّ، وأهرُب من رحمة الله، وأشرب الخمر .. وأشهد بما لم أرَ، وأحب الفتنة، وأصلي بغير وضوء ولا تيمُّم، وأترك الغسل من الجنابة، وأقتل الناس .. هل يَكفر؟!!

“Aku tidak mengharapkan surga, tidak takut api neraka. Aku memakan bangkai dan darah, membenarkan orang Yahudi dan orang Nasrani. Aku membenci perkara yang hak (benar), lari dari rahmatnya Allah ﷻ. Aku minum khamer, bersaksi dengan sesuatu yang tidak pernah aku lihat. Aku senang pada fitnah, sholat tanpa berwudhu dan bertayammum. Aku meninggalkan mandi dari jinabab dan membunuh manusia. Apakah orang itu disebut kafir??”.

Syaikh Tajuddin as-Subkiy ra menjawab: al-Imam Abu Hanifah ra pernah ditanya tentang hal ini, Beliau menjawab: “Ucapan orang itu, tidak menyebabkan dia kafir”. Dengan penjelasan sebagai berikut:

1- “Aku tidak mengharapkan surga, tidak takut api neraka” artinya hanya mengharap dan takut pada yang Yang Menciptakan surga dan neraka.

2- “Makan bangkai dan darah” artinya makan bangkai ikan dan belalang serta hati dan lempa binatang yang halal.

3- “Membenarkan orang Yahudi dan orang Nasrani” artinya membenarkan ucapan mereka yang mengatakan bahwa orang Yahudi tidak mempunyai pengang, begitu juga orang Nasrani mengatakan hal sama sebagaimana yang dikisahkan Allah ﷻ dalam firmannya:

وَقَالَتِ ٱلْيَهُودُ لَيْسَتِ ٱلنَّصَٰرَىٰ عَلَىٰ شَىْءٍ وَقَالَتِ ٱلنَّصَٰرَىٰ لَيْسَتِ ٱلْيَهُودُ عَلَىٰ شَىْءٍ

“Dan orang-orang Yahudi berkata: “Orang-orang Nasrani itu tidak mempunyai suatu pegangan”, dan orang-orang Nasrani berkata: “Orang-orang Yahudi tidak mempunyai sesuatu pegangan”. [al-Baqoroh 2 :113].

4- “Lari dari rahamat Allah” artinya lari dari hujan

5- “Membenci perkara yang benar” artinya membenci kematian karena adalah perkara yang hak (benar) tetapi kita membencinya.

6- “Meminum khamer” artinya meminum khamer ketika dalam keadaan terpaksa seperti ketika tenggorokan tersendat oleh makanan dan tidak ada suatu yang bisa diminum kecuali khar.

7- “Senang pada fitnah” artinya senang pada harta dan anak sebagaimana yang firmankan Allah ﷻ:

أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ

“Sesungguhnya harta-harta dan anak-anak kalian adalah fitnah” (an-Anfal : 28)

8- “Aku bersaksi dengan sesuatu yang tidak pernah aku lihat” artinya bahwa bersaksi pada Allah ﷻ, para Maliakat, para Nabi dan para Rasul adalah iman pada suatu yang gaib (tidak terlihat).

9- “Sholat tanpa wudhu dan Tayammum” artinya bershawat pada Baginda Nabi Muhammad ﷺ yang tidak butuh pada wudhu dan tayammum.

10- “Meninggalkan mandi dari jinabah” artinya meninggalkan mandi dari menggauli istri yang satu pindah pada istri yang lainnya dengan cukup mandi satu kali seperti dalil hadist bahwa Rasulullah ﷺ pernah menggilir semua istrinya dengan satu kali mandi.

11- “Membunuh manusia” artinya membunuh orang-orang kafir saat berperang membela agama Allah ﷻ.

———————————————-
Syaikh Tajuddin as-Subkiy ra memberikan ultimatum pada siapapun, agar menghidari statemen dengan tema di atas karena secara mutlak pertanyaan-pertanyaan semacam ini memberi peluang bagi pihak yang berwenang untuk menta’zir (menghukum) pada pelakunya dan tidak diragukan lagi keharamannya jika pertanyaan yang serupa dilontarkan di hadapan orang-orang awam yang tidak mengerti arti hakikatnya. Syaikhu al-Islam Izzuddin bin Abdussalam jauh-jauh hari telah memberikan fatwa terkait larangan hal tersebut karena menimbulkan efek keraguan-keraguan dan menyesatkan pada orang awam.

Waallahu A’lamu

Oleh: Abdul Adzim

Referensi:

🚩 Syaikh Taju ad-Din Abdu al-Wahhab bin Ali bin Abdu al-Kafi as-Subkiy| al-Asybah wa an-Nadzair| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz. 2 hal. 324-325

🚩 Syaikh Zainu ad-Din bin Ibrahim bin Muhammad as-Sahir bi Ibni Najim| al-Asybah wa an-Nadzair ala Madzhabi Abi Hanifah an-Nu’man| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz. 2 hal. 366.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.