Zaman Sedikit Ahli Ilmu, Banyak Ahli Penceramah

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Hujjatu al-Islam al-Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin mengutip sebuah riwayat, Rasululullah ﷺ bersabda:

“«ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﻗَﺪْ ﺃَﺻْﺒَﺤْﺘُﻢْ فِي زَمَانٍ، كَثِيرٌ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيلٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيرٌ مُعْطُوهُ، قَلِيلٌ سُؤَّالُهُ، الْعَمَلُ فِيهِ خَيْرٌ مِن العِلْمِ، ﻭَﺳَﻴِﺄْﺗِﻲْ زَمَانٌ قَلِيلٌ فُقَهَاؤُهُ كَثِيرٌ خُطَبَاؤُهُ، ﻭكَثِيرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيلٌ مُعْطُوهُ، اﻟﻌِﻠْﻢُ فِيهِ خَيْرٌ مِنَ الْعَمَلِ»”

“Sungguh kalian (para Sahabat) berada di sebuah masa yang banyak ahli agamanya dan sedikit penceramahnya, banyak yang memberi dan sedikit yang meminta-minta. Di masa itu amal lebih utama dari pada ilmu. Akan datang suatu masa sedikit ahli agamanya dan banyak penceramahnya, sedikit yang memberi dan banyak yang meminta-minta. Di masa tersebut ilmu lebih utama dari pada amal”. [Ihya’ Ulumiddin-Thaha Putra juz 1 hal 8].

Waallahu A’lamu

Oleh Abdul Adzim

📌Semoga kita selalu bisa mengamalkan ilmu yang kita miliki, bukan malah sibuk mengoreksi orang lain.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas