Mengenal Rezeki Allah ﷻ

Tidak ada komentar 190 views
banner 160x600
banner 468x60

واعلم أن الرزق على ثلاثة أوجه : رزق مقسم مفروغ منه، وهو ما جاء في خبر ابن مسعود “أن أحدكم يجمع” [١] ويكون من الحلال اذا صبر ولم يهتك ستره، ومن الحرام اذا لم يصبر، ورزق مضمون وهو من الحلال، ورزق موعد وهو متعلق بشرط التقوى اذا اتقي كان رزقه كذا كما قال تعالى – “وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا ﴿٢﴾ وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ” – فالمتقى تجمع له الثلاثة، يدل عليه خبر “ان لله ملائكة موكلين بارزاق بني ادم قد علمو ا ارزاقهم على قدر درجاتهم”. [اسعاد الرفيق وبغية الصديق] جزء ٢ ص ١٧.

Ketahuilah bahwa rezeki itu terbagi 3 (tiga) bagian, yaitu ;

Pertama Rezeki Maqsum (yang dibagikan Allah ﷻ) secara pasti pada semua hambanya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist Ibnu Mas’ud : ” Sesungguhnya diantara kalian telah dikumpulkan penciptaannya didalam perut ibunya selama 40 hari dst…” [1]. Bila mampu bersabar, rezeki ini akan diperoleh dari suatu yang halal, dan tidak akan ada yang menghalang-halangi darinya. Bila tidak bisa sabar, maka diperoleh dari suatu yang haram.

Kedua Rezeki Madlmun (yang di jamin Allah ﷻ), juga yang bersumber dari suatu yang halal.

Ketiga Rezeki Mau’ud (yang dijanjikan Allah ﷻ) yang disyaratkan takwa seperti firman Allah ﷻ yang artinya : “Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” [At-Thalaq 65 : 2-3]. Maka orang bertaqwa menjadi sasaran (tempat) berkumpulnya tiga macam bagian rezeki di atas, berdasarkan hadist Nabi ﷺ yang artinya “Sesungguhnya Allah ﷻ memiliki Malaikat yang bertugas membagi-bagikan rezeqi anak-anak Adam, mereka mengetahui rezeqi-rezeqi anak Adam menurut ukuran dan tingkatan mereka dalam bertaqwa dan berusaha”.

📌Di sadur dari kita kitab Is`adi al-Rofiq wa Bughiyatu as-Shodiq juz 2 halaman 17, karya Syaikh Muhammad bin Salim bin Said Ba Bashil as-Shafi’i.

________________________

[١] عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ : “إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ. فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا”. [رواه البخاري ومسلم]

[1] Dari Abu Abdurohman Abdullah bin Mas’ud ra, Beliau berkata:

Telah bercerita kepada kami Rasulullah ﷺ, dan Dia adalah orang yang benar lagi dibenarkan :

”Sesungguhnya diantara kalian telah dikumpulkan penciptaannya didalam perut ibunya selama 40 hari berupa nutfah (fase embrionik) dan menjadi segumpal darah selama itu pula, kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula..

Lalu diutus kepadanya Malaikat yang meniupkan kepadanya Ruh dan diperintahkan menulis 4 perkara :

1.menulis rizkinya

2. ajalnya

3. amalannya

4. kebahagiaan dan kesengsaraannya

Maka demi Dzat yang tidak sesembahan selain Dia

Sesungguhnya diantara manusia ada yang beramal amalan ahli surga kemudian jarak antara dia dengan surga tinggal satu hasta lalu mendahului dia catatan amalnya kemudian dia beramal dengan amalan penduduk neraka dan dia masuk kedalamnya.

Dan sesungguhnya ada diantara manusia yang melakukan amalan ahli neraka sampai jarak antara dia dengannya satu hasta kemudian mendahuluinya catatan amalnya lalu ia beramal dengan amalan penduduk surga lalu ia masuk kedalamnya“ ( Riwayat Bukhari dan Muslim ).

Penulis: Abdul Adzim

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas