MANFAAT TIDUR DALAM KEADAAN SUCI

Islam adalah agama yang suci dan menyukai kebersihan, hingga dalam urusan sebelum tidur segenap umatnya dianjurkan suci dan bersih dhahir dan batin agar jiwa dan raganya senantiasa dijaga para malaikat dan berbuah pahala.

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah hadits yang dirawayat al-Imam Ibnu Hibban juga meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anuma, ia berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلاَنٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا.

“Barangsiapa yang tidur dalam kedaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan Malaikat berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena ia tidur dalam keadaan suci.” [ath-Thahaarah, bab Fardhil Wudhu’ 3/ 328-329 no: 1051].

Hujjatu al-Islam al-Imam al-Ghazali (w. 505 H) dalam kitabnya Ihya’ Ulumiddin menjelaskan:

“Sungguh telah dikatakan oleh sebagian ulama: “Bila seorang hamba tidur dalam keadaan suci sembari berdzikir pada Allah ﷻ sebelum tidur, Allah ﷻ mencatatnya sebagai orang yang sholat hingga dia terbangun dari tidurnya dan malaikat masuk dalam syi’aarnya (segala sesuatu yang ada pada badan berupa pakaian dan yang lainnya). Bila ia bergerak saat tidur kemudian ingat pada Allah ﷻ, maka malaikat mendoakanya dan memintakan ampunan untunya kepada Allah ﷻ.”

Dalam sebuah hadits disebutkan:

إذا نام على طهارة رفع روحه إلى العرش

“Bila seseorang tidur dalam keadaan suci, maka ruhnya akan diangkat ke langit.”

Ini jika dilakukan orang awam, lalu bagaimana jika dilakukan orang khusus, ulama dan orang-orang yang memiliki hati bersih?

Maka dibukakan rahasia-rahasia Ilahi pada mereka di dalam tidurnya. Karena hal ini, Rasulullah ﷺ bersabda:

نوم العالم عبادة ونفسه تسبيح

“Tidurnya orang alim adalah ibadah dan nafas yang dihembuskan adalah kalimat tasbih.”

Mu’adz bin Jabal ra bertanya pada Abi Musa al-Asy’ariy ra: “Apa saja yang kau perbuat dalam qiyamul lail-mu?”

Abu Musa al-Asy’ariy ra menjawab: “Aku habiskan qiyamul lail-ku dengan tidak tidur sama sekali (dengan ibadah) dan mengkaji isi al-Qur’an.

“Kalau aku tidur terlebih dahulu, lalu qiyamul lail (shalat malam). Aku berharap pahala dari tidurku, sebagaimana aku berharap pahala dari shalat malamku.” (HR. Bukhari no. 4345 dan Muslim no. 1732). Sambung Muadz bin Jabal ra.

Setelah itu keduanya menuturkan hal tersebut pada Rasulullah. Lalu Rusulullah ﷺ bersabda: “Muadz lebih mengerti ilmu Fiqih dibandingmu wahai Abu Musa!”

Al-Hafizh Muhammad Ibnu Hajar al-‘Asqalaniy (w. 852 H) menambahkan:

ومعناه أنه يطلب الثواب في الراحة كما يطلبه في التعب؛ لأن الراحة إذا قصد بها الإعانة على العبادة حصلت الثواب ” انتهى.

“Yang dimaksud dari kata-kata Mu’adz bin Jabal ra atas, bahwa ia mencari pahala di waktu istirahat sebagaimana ia mencari pahala di waktu lelah karena bila istirahat diniati untuk menjadi penolong ibadah, maka saat istirahat juga akan mendapat pahala.”

Kembali lagi pada pendapat al-Imam al-Ghazali, menurut beliau: “Bahwa di antara etika sebelum tidur adalah tidur dalam keadaan suci dan bersiwak sebelum tidur. Rasulullah ﷺ bersabda:

إذا نام العبد على طهارة عرج بروحه إلى العرش فكانت رؤياه صادقة و إن لم ينم على طهارة قصرت روحه عن البلوغ فتلك المنامات أضغاث أحلام لا تصدق

“Apabila seorang hamba tidur dalam keadaan suci, maka ruhnya dinaikkan ke ’Arsy. Maka mimpinya itu tergolong mimpi yang benar. Jika ia tidur tidak dalam keadaan suci, maka ruhnya tidak bisa sampai (ke ‘Arsy) dan mimpi-mimpinya itu kosong tidak benar.”

Yang dimaksud dalam keadaan suci di sini adalah suci dhahir dan batin karena sesuci batin bisa menyebabkan tersingkapnya tirai gaib.

Oleh Abdul Adzim

Waallahu A’lamu

📙 Al-Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazaliy| Ihya’ Ulumiddin| Daru al-Kutub al-Ilmiyah juz 1 hal 448-449.

📙 Syaikh Muhammad Ibnu Hajar al-‘Asqolaniy| Fathu al-Bari Syarhu Shahihu al-Bukhari| Daru al-Kitab al-Ilmiyah juz 8 hal 53.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.