Adanya Pembatas Dua Lautan

Asscholmedia.net – Allah swt berfirman, Dia membiarkan dua lautan mengalir yang (kemudian) keduanya bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing (QS. Ar-Rahman; 19-20). Dalam catatan kaki Surah Ar-Rahman ayat 19-20 disebutkan bahwa diantara ahli tafsir ada yang berpendapat bahwa “la yabghiyan” bermakna ‘masing-masing tidak menghendaki’.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, maksud ayat 19-20 ini ialah ada dua laut yang tercerai karena dibatasi oleh tanah genting, tetapi tanah genting itu tidak diperlukan. Pada akhirnya, tanah genting itu dibuang (digali untuk keperluan lalu lintas), maka bertemulah dua lautan itu, seperti Terusan Suez dan Terusan Panama.

Sementara dalam Jelajah Alam Bersama Al-Qur’an diterangkan, kata ‘barzakh’ mempunyai arti ‘suatu pembatas atau partisi (zona pemisah)’. Arti pembatas ini tidak bersifat fisik (seperti adanya tanah genting).

Pada kata lain ada kata ‘maraja’, secara kiasan artinya ‘mereka keduanya bertemu dan saling bercampur satu sama lain.’ Ada dua arti kata berlawanan dari surah ini, barzakh dengan maraja. Lalu, bagaimana para ahli tafsir menjelaskan adanya kata yang berlawanan dalam surah ini?

Beberapa dekade kemudian penelitian membuktikan kebenaran firman Allah swt dalam surah Ar-Rahman ayat 19-20. Pada titik temu dua jenis lautan, ada pembatas diantara keduanya. Pembatas itu membagi kedua laut tersebut sehingga masing-masing mempunyai temperatur, kadar garam, dan kepadatan yang berbeda.

Terdapat lapisan pembatas air yang tak kasat mata di antara kedua laut, sehingga air dari satu laut melalui laut lainnya berbeda. Tetapi, saat air dari satu lautan memasuki lautan yang lainnya, ia akan kehilangan karakteristik yang menjadikannya berbeda dan menjadi homogen (bersatu/berbaur) dengan air laut yang lain. Di satu pihak, pembatas ini bertindak sebagai area transisi.

Sekian. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan.

Oleh: Rofi el-ponty

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.