Deklarasi Pramuka Santri PP. Syaichona Moh. Cholil

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Gerakan Pramuka adalah organisasi atau gerakan kepanduan yang menjadi wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Di dalam dunia internasional pramuka disebut dengan istilah Kepanduaan (Boy Scout).

Pramuka sendiri merupakan sebutan bagi para anggota Gerakan Pramuka yang meliputi pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Sedangkan kelompok anggota lainnya yaitu Pembina pramuka, andalana, pelatih, pamong saka, staf kwartir dan majelis pembimbing. Untuk menjadi seorang pramuka harus dilantik menjadi anggota dengan mengucapkan janji (Satya) pramuka terlebih dahulu.

Tidak hanya dikalangan luar yang ada kegiatan pramuka tapi juga di Pondok Pesantren, salah satunya adalah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Seorang pramuka terlebih berstatus santri maka pastilah memiliki semangat juang yang tangguh dan bela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tujuan adanya deklarasi ini adalah kami ingin para teman-teman santri bisa mempunyai jiwa patriotisme untuk negara dan juga ingin memberikan peluang bagi generasi yang berada di yayasan pesantren agar lebih mengenal dan mencintai NKRI” tutur Hoirul Warisi selaku pembina.

Disamping pembina, Alumni Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil itu juga bercita-cita kedepan ingin membawa nama baik pondok pesantren melalui kekereatifan santri melalui pramuka.

Kegiatan Deklarasi Pramuka ini digelar dengan mengangkat tema “Tingkatkan solidaritas dengan semangat sportivitas” bertempat di halaman Madrasah Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil. Sabtu, 12 September 2020. Acara dibuka langsung oleh RKH. Fakhruddin Aschal.

“ini merupakan langkah awal kami dalam melangkah, semoga pramuka santri ini bisa membawa nama baik untuk pesantren utamanya dalam perlombaan diberbagai tingkatan” sambut Abdurrahim selaku pembina

“Dimanapun anda berkiprah jangan lupa bahwa dibelakang kita ada nama ‘Syaichona Cholil'” tutur Saudara Abdul Halim, S.Pd selaku penasehat Pramuka Santri.

Acara juga dihadiri oleh Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dan sekaligus selaku Kamabigus Pramuka Santri yakni RKH. Moh. Nasih Aschal. Dalam hal ini sekaligus meresmikan pramuka santri Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan semoga hal ini beriringan dengan ridha dari Allah dan menjadi kegiatan yang senantiasa menjdi dorongan bagi kita, menghasilkan karya dan kesuksesan dalam naungan masayikh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

“Deklarasi ini diselenggarakan setelah sekian lama kegiatan pramuka di pondok ini terlihat hanya menjadi kegiatan formal yang tidak ada hubungan secara langsung dengan pesantren, terlihat dari beberpa tahun sebelumnya seolah menjdi kegiatan yang secara legal dianggap belum dianggap mendapat legalitas dari pesantren tapi tahun ini pramuka santri dianggap sudah legal karena inisiasinya berangkat dari pengurus” Tutur Ra Nasih dalam saambutannya.

“Bagi saya berbicara legalitas itu maka ada kaaitannya dengan surat menyurat dan sebagainya. Artinya semua yang ada di pesantren dan masih berada dalam koridor pesantren yang sudah ditetapkan, apapun kegiatannya bagi saya adalah sudah legal” imbuhnya

Beliau juga berharap mampu untuk bisa menjewantahkan nilai-nilai penting akaran-ajaran dari para kiai kita semua. Dalam pramuka ini ada keterikatan yang merupakan ajaran dari kiai bahwa para penggali ilmu tidak hanya dituntut melaksanakan formalnya saja namun dari semua itu ada hal yang nampak. Saya cukup bangga melihat betapa santri-santri menjadi orang yang menyadari bahwa perannya, kiprahnya adalah sesuatu yang ditunggu, ditentukan berbagai macam hal diperlukan kedisipilinan karena santri itu mengerti kata disiplin, santri itu yang dibutuhkan ketegasannya, kekompakannya, keuletannya dan banyak lagi. Semua itu menjadi impian besar kita semua terutama saya pribadi, dengan adanya deklarasi santri ini bisa merealisasikan impian itu semua.

“Pramuak Santri tidak hanyak mengharumkan nama pesantrennya saja namun juga bisa mewarnai di masyarakat nanti” tegasnya pada para anggota Pramuka.

 

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas