Hari Raya dan Sejarah Awal Munculnya

Tidak ada komentar 71 views
banner 160x600
banner 468x60
Asscholmedia.net – Islam hanya mengenal dua hari raya, yaitu hari raya Idul Fitri (1 Syawal) dan Idul Adha (10 Dzulhijjah). Dua hari raya tersebut diisyariatkan berdasarkan hadits yang dirawayatkan Anas radhiyallahu ‘anhu:
قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْمَدِينَةَ وَلأَهْلِ الْمَدِينَةِ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ « قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ يَوْمَيْنِ خَيْراً مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ
“Ketika Nabi ﷺ datang ke Madinah, penduduk Madinah memiliki dua hari raya untuk bersenang-senang dan bermain-main di masa Jahiliyah. Maka Beliau ﷻ berkata, “Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah ﷻ telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya Idul Fithri dan Idul Adha (hari Nahr)” (HR. An Nasai no. 1556 dan Ahmad 3: 178, dengan sanad yang shahih).
K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Irsyadu as-Saari’  juz 3, hal 68 menjelaskan: “Dua hari tersebut masyarakat Jahiliyyah setiap tahunnya digunakan untuk pesta pora yang diisi dengan mabuk-mabukan dan menari-menari yang disebut dengan hari raya Nairuz dan Mahrajan. Konon Nairuz dan Mahrajan adalah hari raya orang Persia Kuno. Setelah turunnya kewajiban puasa Ramadhan Nabi ﷺ menggantinya Nairuz dan Mahrajan dengan hari raya Idul fitri dan Idul Adha. Tujuannya agar manusia memiliki tradisi yang lebih baik yang sejalan dengan apa yang disyari’atkan oleh Allah ﷻ.
Sementara mengenai sholat ‘Ied (Fitri dan Adha) menurut Syaikh ar-Rayani dalam kitab Bahru al-Madzhab fi Furu’i Madzhab al-Imam asy-Syafi’i juz 13 hal 179, pertama kali dilaksanakan pada tahun kedua Hijriyah, namun shalat Idul Fitri lebih dahulu disyariatkan berbarengan dengan disyariatkannya membayar zakat. Pada saat itu, dua hari atau satu hari sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri Rasulullah ﷺ telah memberikan penjelasan perihal perintah sholat ‘Iea dan tata caranya.
Kejadian tersebut bertepatan dengan kemenangan kaum muslimin dalam Perang Badar tepatnya pada hari Sabtu tanggal 12 Ramadhan 19 bulan pasca peristiwa hijrahnya Nabi ﷺ dari Makkah. Dalam perang itu, pasukan umat islam yang hanya berjumlah 313 orang berhasil memukul mundur tentara kafir Quraisy yang berjumlah 1000 orang. Oleh karenanya, saat itu kaum muslimin merayakan dua kemenangan, kemenangan melawan kaum musyrikin dalam Perang Badar, dan kemenangan melawan hawa nafsu setelah sebulan berpuasa.
Prof. Dr. Syaikh Wahbah az-Zuhaili dalam kitabnya Al-Fiqhu al-Islami wa Adillatuhu juz 2 hal 363 mengatakan: ‘Ied (hari raya), dinamakan demikian karena Allah ﷻ pada hari tersebut mengembalikan beberapa kebaikan (kenikmatan) kepada hamba-hambanya pada setiap tahun. Di antaranya, diperbolehkannya makan disiang hari setelah di larang di di bulan Ramadhan, perintahkan menunaikan Zakat Fitrah, melengkapi ibadah haji dengan Thawaf Ifadah, memakan daging korban dan lain-lainnya. Sedangkan makna ‘id sendiri secara bahasa adalah kembali, yaitu kembali dan berulang-ulangnya kebahagian setiap tahun.
Ditemukan sebuah keterangan dari Syaikh Ibnu Rajab dalam kitab Lathaifu al-Maarif fima li Mawasimi al-‘Ami al-Wadhaif hal 313 mengatakan: Orang Mukmin di dunia memiliki tiga hari raya, yaitu satu hari raya yang datang setiap pekan dan dua hari raya yang datang setiap tahun satu kali. Adapun satu hari raya yang datang setiap pekan adalah hari Jum’at yang disebut dengan Idul Usbu’ yang memang diperuntukkan sebagai penyempurna dari sholat Maktubah. Sedangkan dua hari raya yang datang setiap tahun satu kali, pertama ada hari raya Idul Fitri yang diperuntukan sebagai penyempurna puasa Ramadhan. Kedua adalah hari raya Idul Adha yang diperuntuk sebagai penyempurna ibadah haji.”
Waallahu A’lamu
Oleh: Ust. Abdul Adzim (Pengajar di PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan)
Bangkalan, 29 Ramadhan 1441 H
author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas