Nama-Nama Malam Nisfu Sya’ban dan Penjelasannya

banner 160x600
banner 468x60

Sumber foto: https://www.nu.or.id/

Asscholmedia.net – Sebagian ulama’ menyebutkan beberapa nama lain dari malam Nisfu Sya’ban. Tentu nama-nama ini menunjukkan bahwa malam Nisfu Sya’ban kedudukannya sangat mulia. Seperti halnya Alquran, memiliki banyak nama yang menunjukkan kemuliaannya. Bahkan Abu al-Khair al-Thalaqani menyebutkan nama-nama lain dari malam Nisfu Sya’ban ini mencapai 22 nama.

Nabi bersabda, “Allah memperhatikan seluruh ciptaannya pada malam Nisfu Sya’ban dan Ia mengampuni dosa hamba-hambanya kecuali kepada dua orang yaitu orang yang bertengkar dan orang yang membunuh orang lain.” (H.R. Imam Ahmad).

Di malam Nisfu Sya’ban, kita bisa menambahkan ibadah-ibadah sunnah untuk mengisi dan menghidupkannya. Abdurrahman ibn Syihab al-Hanbali, yang lebih dikenal  Ibn Rajab al-Hanbali berkata, “Malam Nisfu Sya’ban adalah malam yang dihidupkan oleh pengikut dari ahli al-Syam seperti Khalid bin Ma’dan, Makhul, dan Lukman bin Amir dan lain-lain mengagungkan dan bersungguh-sungguh dalam menghidupkan malam tersebut dengan cara memperbanyak ibadah. Bahkan mereka mengajak orang-orang lain untuk meramaikan malam tersebut”.

Baca juga:

Menghidupkan malam Nisfu Sya’ban bisa di masjid dan di rumah. Adapun Khalid bin Makdan dan Lukman bin Amir (menganjurkan menghidupkan malam tersebut di masjid. Mereka mengajak orang-orang lain untuk ke masjid dengan mengenakan pakaian-pakaian yang bagus, membakar dupa (wewangian), memakai sifat mata, dan melaksanakan ibadah di masjid pada malam tersebut (Muhammad al-Maliki. 1995: 72).

Sebagaimana disebutkan Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya’ban, di antara nama-nama tersebut sebagai berikut;

  1. Laylah Mubarakah(malam keberkahan), maksudnya malam ini memiliki keberkahan tersendiri. Karena di malam ini malaikat turun menyertai manusia.
  2. Laylah al-Qismah(malam pembagian), artinya bahwa di malam ini semua rejeki dan takdir ditentukan dan dibagikan kepada setiap makhluk-Nya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada malam nisfu sya’ban ini baik rejeki, jodoh, maupun pernikahan.
  3. Laylah at-takfir(malam penghapusan dosa), artinya bahwa di malam ini dosa manusia selama satu tahun akan diampuni Allah SWT sebab kebaikan yang dilakukan oleh hamba-Nya di malam ini
  4. Laylah al-Ijabah(malam keterkabulan doa), dalam sebuah riwayat dari Ibnu Umar diinformasikan bahwa ada lima malam dimana doa-doa yang dipanjatkan akan terkabulkan; malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam nisfu sya’ban, malam lailatul qadar dan malam dua hari raya; idul fitri dan idul adha.
  5. Laylah al-Hayat wa ‘iedul malaikat(malam kehidupan dan hari raya malaikat); sebagaimana hari raya bagi umat Islam, malaikat juga memiliki dua hari raya yakni malam lailatul qadar dan malam nisfu sya’ban
  6. Laylah as-Syafaah(malam syafaat), Abu Hakim an-naisaburi menamakan malam nisfu sya’ban adalah malam diberikannya syafaat kepada umat nabi Muhammad
  7. Laylah al-baraah wa laylah as-Shakki(malam pembebasan), dinamakan dengan malam kebersihan karena di malam ini orang-orang mukmin dicatat kesuciannya.
  8. Laylah al-Jaizah(malam hadiah), Imam Taqiyuddin as-Subki menamakan malam nisfu Sya’ban sebagai malam yang dihadiahkan kepada orang-orang mukmin.
  9. Laylah al-Ghufran wal itqi minan niran(malam ampunan dan pembebasan dari api neraka), di malam ini orang-orang beriman akan mendapatkan ampunan dan pembebasan dari api neraka.Semoga di malam nisfu Sya’ban besok kita semua mendapatkan limpahan berkah, syafaat, ampunan, dan keutamaan-keutamaan lainnya.

Semoga bermanfaat !

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas