Pandemi Covid-19, Ra Nasih Aschal Ajak Masyarakat Agar Tetap Kondusif & Tidak Panik

banner 160x600
banner 468x60

Foto diambil saat Ketua Umum PP. Syaichona Moh. Cholil RKH. Nasih Aschal bersama Alumni mengadakan rapat (Kamis, 26/03)

Asscholmedia.net – Bangkalan, Sebelum Pengajian Asschol dimulai, Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil RKH. Mohammad Nasih Aschal menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan wabah virus corona yang terjadi saat ini. Kamis, (26/03) / 01 Sya’ban 1441 di Musholla Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Melihat situasi dan kondisi yang begitu memprihatinkan dengan adanya wabah Covid-19, pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan perkumpulan dengan jumlah orang banyak. Namun pengajian ini tetap dilaksanakan semata-mata juga dalam bentuk ikhtiar mengharap barokah.

“Pengajian Asschol yang telah menjadi rutinan bulanan saat ini tetap dilaksanakan semata-mata sebagai bentuk ikhtiar dalam meraih barokah dari Syaichona Cholil”, ungkapnya.

Beliau juga menegaskan bahwa adanya virus ini sangat berbahaya sehingga semua aktivitas diberhentikan seperti Sekolah, Lailatul Ijtima’, Imtihan, Walimatul ursy dan beberapa Masjid di tutup.

“ini bukan berarti saya menakut-nakuti masyarakat, tapi semata-mata agar kita semua lebih memperhatikan lagi pola hidup sehat sehingga tubuh tatap fit dan sudah selayaknya kejadian ini bisa menjadi renungan kita bersama”, imbuhnya.

Baca juga:

Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jatim, Ra Nasih juga membantu memberikan pemahaman terkait beberapa keputusan pemerintah yang dikeluarkan di tengah-tengah meluasnya wabah Virus Corona.

“Jika di suatu daerah ada pemberhentian aktivitas ibadah oleh pemerintah hal ini semata-mata bukan berarti pemerintah anti agama tapi sebagai bentuk responsif kehati-hatian agar masyarakat tercegah dari virus”, jelasnya.

“Mengapa kita dilarang berkumpul dengan jumlah masyarakat banyak karena virus ini mudah untuk menyebar”, imbuhnya.

Menurut Ra Nasih, muhasabah yang harus kita ambil pada kejadian ini adalah bagaimana kita bisa mencari kebaikan dari diri kita sendiri dan tidak mudah mencari-cari kesalahan orang lain.

Ra Nasih juga menegaskan bahwa kita seharusnya lebih paham dengan situasi darurat seperti saat ini, maka tugas kita adalah bagaimana menjadikan suasana tetap kondusif di masyarakat dan tidak panik.

“Jangan mudah percaya apalagi membenarkan pada berita atau informasi yang sifatnya tidak valid (hoaxs). Mari kita semua gunakan akal pikiran dengan cerdas”, tuturnya.

Beliau berharap pada semua Alumni dan Simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil (ASSCHOL) selain ikut membantu masyarakat tapi juga punya solusi dengan cara memberikan donasi berupa uang dan sebagainya. (*)

Reporter: AM
Redaktur: AH

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas