Pesan Penting Nyai Hj. Muthmainnah Aschal

Tidak ada komentar 230 views
banner 160x600
banner 468x60

Dok. Foto diambil saat pengajian Asschol berlangsung

Asscholmedia.net – Seperti telah dilansir sebelumnya, Pengajian Asschol Putri yang diasuh langsung oleh Nyai Hj. Muthmainnah Aschal yang dilaksanakan pada Selasa 07/01/20, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan di Selasa pahing, bertempat di Aula Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Dalam penjelasannya, Nyai Hj. Muthmainnah Aschal mewanti-wanti Para alumni maupun santriwati aktif untuk tidak menyia-nyiakan waktu dengan sesuatu yang tidak penting. Sehingga ketika ada waktu senggang tidak digunakan untuk membicarakan dan menilai kejelekan orang lain, karena hal itu sangat rawan terjadi di kalangan kaum hawa.

Maka dari itu, beliau menganjurkan ketika mempunyai waktu yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan sebaiknya lisan dibasahi dengan berdzikir kepada Allah. Tidak usah mengeluh ketika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti usaha macet atau kurang lancar dan lain sebagainya.

Baca juga: 

Dalam kitab yang dibaca oleh Nyai Muthmainnah Aschal, terdapat kutipan “Waktu adalah umur sedangkan umur modal dari segala harta” oleh karenanya beliau mengulangi beberapa kali agar supaya jamaah pengajian Asschol memperbanyak dzikir dengan membaca sholawat, tahlil, dan istighfar berharap memohon ampunan kepada Allah atas dosa yang telah dilakukan.

“Karena mungkin di sisa umur terdapat sesuatu yang kurang bermanfaat baik hati yang tertipu daya oleh harta yang dimiliki atau sering menyia-nyiakan waktu”, tegas beliau.

Nafas itu laksana mutiara yang tak ternilai harganya sehingga ketika manusia tertipu dengan harta yang mereka punya maka mereka akan celaka sebab yang akan menjadi teman manusia di dalam kubur adalah ilmu yang manfaat, amal sholeh dan anak yang berbakti, Sebagaimana telah disebutkan dalam sebuah hadist;

اذا مات ابن ادم انقطع عمله الا من ثلاث صدقة جارية او علم ينتفع به او ولد صا لح يدعو له

_”Ketika anak adam sudah meninggal maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 hal yakni, shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya”._

Beliau menganjurkan supaya perbanyak melakukan shodaqoh jariyah bukan hanya pada sesuatu yang sudah pasti seperti shdaqoh ke Masjid, tapi memperluas jalan raya juga termasuk shodaqoh jariyah karena jalan raya merupakan tempat berlalunya banyak orang yang tidak terhitung jumlahnya.

Baca juga: Ini Pandangan Syekh Amin al-Murad Tentang RKH Fakhrillah Aschal dan Nyai Hj Muthmainnah Aschal

Selain itu beliau juga menganjurkan supaya mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh sholehah sebagaimana yang semula ditegaskan oleh Kiai Fakhrillah Aschal bahwa tugas guru dan orang tua yaitu memperbaiki akhlak anak supaya anak-anak menjadi keturunan yang sholeh sholehah.

Reporter: Nurul Qomariyah
Redaktur: Ahmad Hafsin

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas