Nyai Hj. Muthmainnah Aschal: Tips Kaya Dunia Akhirat

2 comments 1574 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Intisari Pengajian Asschol Putri yang diasuh langsung oleh Nyai Hj. Muthmainnah Aschal yang dilaksanakan pada Selasa 07/01/20, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan di Selasa pahing, bertempat di Aula Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil Putri menjelaskan tentang betapa pentingnya waktu yang terkadang hanya disia-siakan oleh manusia tanpa memanfaatkannya.

“Seandainya hewan mempunyai akal niscaya dia tidak akan menyia-nyiakan waktunya yang hanya hidup seolah-olah dengan beraneka ragam menu makanan (Karo odik ngakan, -madura red).

Suasana Pengajian Asschol Putri, Selasa (07/01/20) di Aula PP. Syaichona Moh. Cholil

“Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia, dengan melupakan cara kita berdzikir, beristighfar yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah. Begitu juga dikala kita saat senggang (tidak melakukan apa-apa) jangan sampai lisan kita kering tanpa membaca istighfar, kita harus selalu ingat kepada allah meskipun disaat kita sedang dalam kondisi apapun”, tegas beliau.

Baca juga: Ini Pandangan Syekh Amin al-Murad Tentang RKH Fakhrillah Aschal dan Nyai Hj Muthmainnah Aschal

Beliau juga menuturkan dengan jelas bagaimana ruginya seseorang jika menyia-nyiakan waktu semasa hidupnya. “Apabila sampai menyia-nyiakan waktu maka merugilah kita yang tanpa disadari telah banyak waktu berharga yang terlewati.
Seperti layaknya seorang pedagang yang apabila dagangannya tidak laku dan kemudian si pedagang hanya meratapi dagangannya tersebut tanpa adanya usaha agar dagangnya laris”.

“Waktu adalah umur bagi kita, sedangkan umur merupakan harta, dan harta tersebut adalah modal dari dagangan kita. (Terkadang ada orang yang dagangannya masih belum laku sama sekali tetapi modal yang didapat sudah dihabiskan tanpa membelanjakannya kembali). Dengan modal hartamu yang digunakan (dimanfaatkan) sebisa mungkin maka akan menyampaikanmu pada waktu yang benar-benar ada tanpa adanya kesia-siaan”, imbuhnya.

Baca juga:

Selain itu, Beliau juga memberikan tips agar hidup bisa selamat di dunia hingga akhirat, yaitu kita jangan sampai ghibah, jangan sekali-kali mengurusi hidup orang lain, uruslah hidup kita, pikirkan bagaimana kita bisa selamat dunia akhirat dan jangan lupa untuk selalu mendoakan saudara-saudara kita.

“Setiap nafas di umpamakan mutiara yang tidak ternilai harganya, nafas yang keluar tidak akan ada gantinya, yang mana tidak akan bisa masuk kembali ke dalam raga kita”

Jangan sampai kita كلحمقي المغرورين yang mana disaat hartanya banyak maka dia akan bersenang-senang dan selalu mengeluh apabila tidak punya harta tanpa ingat pada-Nya dan beristighfar مع نقصان أعمارهم.

Kontributor: Muallimah Addiniyah
Reporter: Rofi
Redaktur: Ahmad Hafsin

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas