ASSCHOL; Budayakan Tradisi Cocoghen

Tidak ada komentar 629 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Tradisi Cocoghen (Madura, red) adalah peringatan menyambut masuknya tanggal 1 bulan Rabiul Awal yakni Bulan Maulid atau bulan lahirnya Nabi Muhammad Saw (12 Rabiul Awal Tahun Gajah/570 Masehi) dengan kata lain Cocoghen adalah awal untuk memperingati Maulid Nabi.

Secara Terminologi Cocoghen adalah mencocokkan awal bulan Rabiul Awal, Tradisi Cocoghen akan banyak kita jumpai di daerah madura yang amat kental dengan nuansa keislamannya.

Seperti halnya juga bagi para Alumni dan Simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil (ASSCHOL) jika Rutinan Pengajian Asschol bertepatan dengan bulan Rabiul Awal maka pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil RKH. Fakhrillah Aschal menginstruksikan para alumni tuk membawa buah-buahan seikhlasnya pada saat pengajian guna memperingati Maulid Nabi sekaligus mengingat masa-masa saat berada di pesantren dulu.

Pengajian ini diawali dengan pembacaan Sholawat Al-Habsyi bersama oleh Ahbabul Musthofa yang dipimpin oleh RKH. Fakhrillah Aschal, kemudian dilanjutkan dengan Syarafal Anam dan Maulid Diba’.

Semoga dengan barokahnya Cocoghen kita semua diberikan rasa semakin cinta pada Nabi, ketenangan hati dan jiwa, selamat dunia akhirat dengan Syafaat Nabi Muhammad Saw”, dauh pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil.

 

Setelah pembacaan Maulid Diba’, prmbacaan kitab dibacakan oleh KH. Wahhab Jazuli, salah satu santri senior Syekh Ismail Makkah.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas