Khilafiyah 4 Madzhab; Hukum Memasuki Tempat Ibadah Non-Muslim

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Memasuki tempat ibadah non-Muslim masih menjadi sesuatu yang tabu bagi kalangan Muslim di Indonesia. Tak sedikit dari kalangan umat Muslim yang tidak suka memasuki tempat ibadah non-Muslim bahkan mencibir orang yang memasuki tempat ibadah mereka. Namun sebenarnya bagaimana hukum memasuki tempat ibadah non-Muslim, seperti gereja, vihara, sinagog dan lainnya?

Jika kita menelaah literatur kitab-kitab fiqih klasik maka akan mendapati bahwa para ulama berbeda pendapat tentang hukum seorang Muslim memasuki tempat-tempat ibadah non-Muslim, seperti gereja, wihara, dan sinagog.

Pertama, ulama mazhab Hanafi menyatakan, hukum memasuki tempat ibadah non-Muslim adalah makruh. Syekh Ibnu Abidin dalam kitabย Raddul Muhtar Alad Durril Mukhtarย menyebutkan:

ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ู„ูู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุงู„ุฏู‘ูุฎููˆู„ู ูููŠ ุงู„ู’ุจููŠุนูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽู†ููŠุณูŽุฉู.

“Bagi seorang Muslim, memasuki sinagog dan gereja hukumnya makruh.” (Lihat: Muhammad Amin Ibnu Abidin,ย Raddul Muhtar Alad Durril Mukhtar, juz 1, h. 380).

Senada dengan Ibnu Abidin, Syekh Ibnu Nujaim Al-Mishry dalam kitabnya Al-Bahrur Raโ€™iq Syarh Kanzud Daqaiq menegaskan:

ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ู ู„ูู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุงู„ุฏู‘ูุฎููˆู„ู ูููŠ ุงู„ู’ุจููŠุนูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽู†ููŠุณูŽุฉู. ูˆูŽุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูŽุญู’ุฑููŠู…ููŠู‘ูŽุฉูŒ.

โ€œBagi seorang Muslim, memasuki sinagog dan gereja hukumnya makruh. Dan tampaknya, hal itu adalah makruh tahrim (mendekati haram)โ€ (Ibnu Nujaim Al-Mishry,ย Al-Bahrur Raโ€™iq Syarh Kanzud Daqaiq, juz 8, h. 374).

Kedua, mayoritas ulama, meliputi ulama mazhab Maliki, Hanbali, dan sebagian ulama mazhab Syafiโ€™i menyatakan, seorang Muslim boleh memasuki tempat ibadah non-Muslim. Ulama bermazhab Maliki bernama Syekh Abdus Samiโ€™ Al-Abi Al-Azhari menuturkan:

ุฃูŽูŠู’ ู…ูŽุนู’ุจูŽุฏูู‡ูŽุง ูƒูŽู†ููŠู’ุณูŽุฉู‹ ุฃูŽูˆู’ ุจููŠู’ุนูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽู„ูุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุฏูุฎููˆู’ู„ูู‡ู ู…ูŽุนูŽู‡ูŽุง

โ€œYaitu tempat ibadah istrinya, baik berupa gereja atau sinagog. Dan suaminya yang Muslim boleh memasukinya (tempat ibadah istri) bersama istrinya.โ€ (Lihat: Abdus Samiโ€™ Al-Abi Al-Azhari,ย Jawahirul Iklil, juz 1, h. 383).

Ulama bermazhab Maliki yang lain bernama Ibnu Rusyd Al-Qurtubhi juga menuliskan dalam kitabnyaย Al-Bayan Wat Tahshil:

ูˆูŽุฑูŽูˆูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุณูู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุงู„ููƒู‹ุง ุณูุฆูู„ูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุนู’ูŠูŽุงุฏู ุงู„ู’ูƒูŽู†ูŽุงุฆูุณู ููŽูŠูŽุฌู’ุชูŽู…ูุนู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ููˆู†ูŽ ุฅู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุงู„ุซู‘ููŠูŽุงุจูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุชูุนูŽุฉูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠูŽุจููŠุนููˆู†ูŽ ูŠูŽุจู’ุชูŽุบููˆู†ูŽ ุงู„ู’ููŽุถู’ู„ูŽ ูููŠู‡ูŽุง. ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ.

“Ibnu Qasim bercerita, imam Malik ditanya tentang perayaan di gereja, di mana umat Islam berkumpul lalu membawa baju, perhiasan, dan barang-barang lain menuju gereja untuk menjualnya disana. Beliau berkata: Hal itu tidak apa-apa.” (Lihat: Ibnu Rusyd Al-Qurtubhi,ย Al-Bayan Wat Tahshil, juz 4, h. 168-169).

Baca juga:

Seirama dengan kedua ulama mazhab Maliki di atas, seorang ulama bermazhab Hanbali, Syekh Ibnu Qudamah juga menyatakan kebolehan memasuki tempat ibadah agama lain. Bahkan, beliau membolehkan seorang Muslim melaksanakan shalat di gereja yang bersih.

ูˆูŽู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูููŠ ุงู„ู’ูƒูŽู†ููŠุณูŽุฉู ุงู„ู†ู‘ูŽุธููŠููŽุฉูุŒ ุฑูŽุฎู‘ูŽุตูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุนูŽุฒููŠุฒู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุนู’ุจููŠู‘ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฒูŽุงุนููŠู‘ู ูˆูŽุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุนูŽุฒููŠุฒู ูˆูŽุฑููˆููŠูŽ ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง ุนูŽู†ู’ ุนูู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ู…ููˆุณูŽู‰ุŒ ูˆูŽูƒูŽุฑูู‡ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู…ูŽุงู„ููƒูŒ ุงู„ู’ูƒูŽู†ูŽุงุฆูุณูŽุ› ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ู ุงู„ุตู‘ููˆูŽุฑู.

ูˆูŽู„ูŽู†ุงูŽ: “ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ูููŠ ุงู„ู’ูƒูŽุนู’ุจูŽุฉู ูˆูŽูููŠู‡ูŽุง ุตููˆูŽุฑูŒุŒ” ุซูู…ู‘ูŽ ู‡ููŠูŽ ุฏูŽุงุฎูู„ูŽุฉูŒ ูููŠ ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ู: “ููŽุฃูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽุชู’ูƒูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ููŽุตูŽู„ู‘ูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŒ.”

Ibn Qudamah menjelaskan al-Hasan, Umar bin Abdul Azis, Syaโ€™bi, Awzaโ€™i dan Saโ€™id bin Abdul Azis, serta riwayat dari Umar bin Khattab dan Abu Musa, mengatakan tidak mengapa shalat di dalam gereja yang bersih. Namun Ibn Abbas dan Malik memakruhkannya karena ada gambar di dalam gereja. Namun bagi kami (Ibn Qudamah dan ulama yang sepaham dengannya) Nabi Saw pernah shalat di dalam Kaโ€™bah dan di dalamnya ada gambar. Ini juga termasuk dalam sabda Nabi: โ€œjika waktu shalat telah tiba, kerjakan shalat di manapun, karena di manaย pun bumi Allah adalah masjid. (Lihat: Ibnu Qudamah,ย Al-Mughni, juz 2, h. 478).

Syekh Ibnu Muflih juga menuturkan:

ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุฏูุฎููˆู„ู ุจููŠุนูŽุฉู ูˆูŽูƒูŽู†ููŠุณูŽุฉู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุชูŽู…ููŠู…ู ู„ูŽุง ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุฏูุฎููˆู„ู ุงู„ู’ุจููŠูŽุนู ูˆูŽุงู„ู’ูƒูŽู†ูŽุงุฆูุณู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู„ูŽุง ุตููˆูŽุฑูŽ ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูููŠู‡ูŽุง.

โ€œDan seorang Muslim diperbolehkan memasuki sinagog, gereja, dan sebagainya, serta diperbolehkan melaksanakan shalat di dalamnya. Ibnu Tamim berkata: โ€œTidak apa-apa memasuki sinagog dan gereja yang di dalamnya tidak terdapat gambar, serta diperbolehkan shalat di dalamnya.โ€ (Lihat: Ibnu Muflih,ย Al-Adab Al-Syariyyah, juz 4, h. 122).

Ketiga, sebagian ulama mazhab Syafiโ€™i berpendapat, seorang Muslim tidak boleh memasuki tempat ibadah non-Muslim kecuali jika ada izin dari mereka. Artinya, jika mereka mengizinkan maka ia boleh memasuki tempat ibadah tersebut. Syekh Muhammad bin Khatib As-Syarbini menyebutkan:

ู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆู’ุฒู ู„ูู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุฏูุฎููˆู’ู„ู ูƒูŽู†ูŽุงุฆูุณู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุฐู‘ูู…ู‘ูŽุฉู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูุฅูุฐู’ู†ูู‡ูู…ู’. ูˆูŽู…ูู‚ู’ุชูŽุถูŽู‰ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุจูุงู„ู’ุฅูุฐู’ู†ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูŽุญู’ู…ููˆู’ู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ูููŠู’ู‡ูŽุง ุตููˆู’ุฑูŽุฉูŒ.

“Seorang Muslim tidak diperkenankan memasuki gereja-gereja Ahli Dzimmah kecuali atas izin mereka. Artinya, hal itu diperbolehkan mana kala ada izin. Namun kebolehan melakukan hal itu, hanya jika di dalam gereja tersebut tidak terdapat gambar.” (Lihat: Muhammad bin Khatib As-Syarbini,ย Mughnil Muhtaj, juz 4, h. 337).

Syekh Al-Qalyubi juga menuliskan:

ู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆุฒู ู„ูŽู†ูŽุง ุฏูุฎููˆู„ูู‡ูŽุง ุฅู„ู‘ูŽุง ุจูุฅูุฐู’ู†ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠู‡ูŽุง ุชูŽุตู’ูˆููŠุฑูŒ ุญูŽุฑูู…ูŽ ู…ูุทู’ู„ูŽู‚ู‹ุงุŒ ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ู ุจูŽูŠู’ุชู ูููŠู‡ู ุตููˆุฑูŽุฉูŒ.

โ€œKita tidak diperbolehkan memasuki gereja kecuali atas izin mereka, sedangkan jika di dalam gereja tersebut ada gambar maka hukum memasukinya haram secara mutlak. Begitu pula, haram memasuki setiap rumah yang ada gambarnya.โ€ (Lihat: Al-Qalyubi,ย Hasyiyatal Qalyubi wa Umairah, juz 4, halaman 492).

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang hukum seorang Muslim memasuki tempat ibadah non-Muslim. Menurut mazhab Hanafi hukumnya makruh, menurut mazhab Maliki, Hanbali, dan sebagian ulama mazhab Syafiโ€™i hukumnya boleh, sedangkan menurut sebagian ulama lain dari mazhab Syafiโ€™i hukumnya tidak boleh, kecuali ada izin dari mereka.

Adanya perbedaan pendapat para ulama terkait hukum memasuki tempat ibadah non-Muslim bagi seorang Muslim merupakan bukti bahwa Islam menghargai keragaman. Terhadap keragaman ini, Islam mengajarkan umatnya untuk mengedepankan toleransi dan saling menghargai.ย Wallahu aโ€™lam.

Disadur dari Nu Online dan Bincang Syariโ€™ah

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas