Sambut Idul Adha; Etika Bertamu Dalam Rangka Silaturrahmi

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Saling bertamu ke rumah sanak saudara, teman, atau orang-orang yang kita muliakan merupakan sarana menyambung tali silaturrahmi, khususnya di moment hari raya Idul Adha tahun ini. Berikut ini adalah 7 etika bertamu dalam Islam.

Meminta izin dan mengucapkan salam kepada tuan rumah.
Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu agar kamu selalu ingat.” (QS. An-Nur: 27)

Mengenalkan diri.
Kata Al-Imam An-Nawawi dalam Riyadhush Shalihin, “Termasuk sunnah jika seorang yang minta izin (bertamu) ditanya namanya, “Siapa anda?” maka harus dijawab dengan nama atau kunyah (panggilan) yang sudah dikenal, dan makruh jika hanya menjawab, “Saya” atau yang semisalnya.

Baca juga:

Menyebutkan keperluannya.
Allah SWT berfirman, “Ibrahim bertanya, “Apakah urusanmu wahai para utusan?” mereka menjawab, “Sesungguhnya kami diutus kepada (mengenai) kaum yang berdosa (kaum Luth).” QS. Adz-Dzariyat: 32

Meminta izin untuk tamu yang tidak diundang.
Jika bertamu dalam rangka memenuhi undangan, namun ada orang lain yang tidak diundang ikut bersamanya, maka hendaknya mengabarkan kepada tuan rumah dan memintakan izin untuknya, hal ini pernah dilami oleh Rasulullah saw, sebagaimana kisah sahabat Abu Mas’ud.

Tidak memberatkan tuan rumah dan segera kembali ketika urusannya selesai.
“….tetapi jika kalian diundang maka masuklah, dan bila telah selesai makan kembalilah tanpa memperbanyak percakapan….” QS. Al-Ahzab: 53.

Mendoakan tuan rumah.
Hendaknya seorang tamu mendoakan tuan rumah atas jamuan yang dihidangkan kepadanya. Diantara doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad yaitu: “Ya Allah berikanlah barakah untuk mereka pada apa yang telah Engkau berikan rizki kepada mereka, ampunilah mereka, dan rahmatilah mereka.” HR. Muslim.

Disarikan dari beberapa Tafsir dan Syarhul Hadis.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas