Meneladani Kesabaran Dari Kisah Nabi Yusuf

Tidak ada komentar 483 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Tidak pernah Allah SWT memberikan kesuksesan instan tanpa perjuangan dengan kesabaran dan ketabahan. Tetapi Allah SWT menetapkan sebuah kemenangan dan kesuksesan bersamaan dengan kunci pembukanya. Dan kunci pembuka kesuksesan yang paling utama adalah “kesabaran”.
Penting pula kita belajar dari kisah nabi Yusuf yang Allah abadikan dalam al-Qur’an. Satu-satunya kisah perjalanan hidup seorang nabi mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Bagaimana beliau mengalami berbagai macam kesulitan hidup mulai dari dibenci oleh saudara-saudaranya, terasing jauh dari orang tua yang begitu ia kasihi dan mengasihinya,hidup di dalam penjara puluhan tahun. Namun dengan bekal kesabaran dan tawakkal yang begitu kuat beliau lewati semuanya dengan baik sehingga pada akhirnya memperoleh semua yang diimpikan setiap manusia: kekayaan, kekuasaan dan kemuliaan hidup dapat beliau raih padahal Allah bisa saja memberikan semua itu pada beliau tanpa memberinya ujian sedikitpun karena Allah telah memilih beliau sebagai seorang nabiNya.

Firman Allah SWT:
اذ قال يوسف لأبيه يا أبتي اني رأيت احد عشر كوكبا والشمس والقمر رأيتهم لي ساجدين
“Ingatlah, ketika Yusuf berkata pada sang ayah ” wahai Ayah, sesungguhnya aku bermimpi melihat 11 bintang, matahari dan bulan semuanya bersujud (hormat) padaku.

Nabi Yusuf yang telah terpilih justru Allah berikan ujian hidup yang begitu berat mulai dari didengki oleh segenap saudara, terpisah dari sang ayah dan adik tercinta, godaan wanita hingga didzolimi terpenjara. Beliau jalani semua itu dengan kesabaran dan keyakinan bahwa Allah akan menolong orang-orang yang sabar.

Allah mengkisahkan cerita nabi Yusuf dengan begitu detil mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa bukanlah tanpa makna. Akan tetapi agar dijadikan inspirasi dan motivasi hidup bagi tiap-tiap mukmin. Bagaimana beliau jalani semua ujian dengan penuh kesabaran. Beliau tidak pernah mengeluh atas kondisi yang dialami dirinya. Dalam keadaan sesulit apapun beliau masih ingat pada Allah dan menghindari maksiat kepadaNya. Terutama bagaimana beliau menolak ajakan zina dari seorang perempuan muda yang cantik jelita (Zulaikho) yang membuatnya terkungkung dalam pengabnya penjara.

Beliau jalani semuanya dengan kesabaran tanpa pernah menyalahkan siapapun, tanpa kemarahan apalagi dendam. Justeru semua ujian tersebut menambah dekat dirinya pada Allah SWT. Dan ketika beliau telah bebas dari jeruji penjara yang telah puluhan tahun dijalaninya dan kemenangan serta kerajaan telah berada dalam genggaman, beliau panjatkan munajatnya kepada Allah SWT sebagai ungkapan syukur kepadaNya.

رب قد اتيتني من الملك وعلمتني من تأويل الاحاديث فاطر السموات والارض أنت ولي في الدنيا والاخرة توفني مسلما والحقني بالصالحين
“Ya Tuhanku Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan Engkau mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. Wahai Pencipta langit dan bumi Engkaulah pelindungku di dunia dan akherat. Wafatkanlah aku sebagai seorang muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang sholeh.

Oleh: Ust. Farid Tumyadi
Redaktur: Ahmad Hafsin

 

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas