Resep Untuk Mendapatkan Keluarga Sakinah

Tidak ada komentar 956 views
banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Bangkalan, Tausiyah KH. Ali Masyhuri pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo menjelaskan bahwa kunci kesuksesan itu harus ikut terhadap petunjuk Allah dan Rasulnya. Beliau memberikan resep kepada para santri agar mendapatkan keluarga yang sakinah.

Ada empat resep agar bisa sampai kepada tujuan tersebut. Resep pertama adalah kebebasan memilih jodoh, dalam kebebasan ini bukanlah kebebasan secara mutlak. Ada beberapa Kebebasan yang tidak boleh di langgar; (1) Jangan menikahi wanita Musyrik dan ini merupakan prinsip dasar pernikahan yaitu kesamaan Aqidah. Prinsip ini sekaligus menentang terhadap faham-faham nyeleneh yang memperbolehkan menikah beda agama, dan bahkan sekarang juga ada faham yang memperbolehkan menikah dengan sesama jenis, di dunia barat bahkan ada yang memperbolehkan menikah dengan robot.

(2) Jangan menikahi Mahrom, karena ini merupakan larangan agama kita, ada rahasia tersembunyi dalam pelarangan ini, di dalam dunia riset ilmu kedokteran menyatakan bahwa tidak akan muncul syahwatnya ketika bertemu Mahrom, dan Syahwat di dalam berhubungan itu akan mempengarungi terhadap keturunan.

(3) Jangan menikahi wanita Zina karena di antara sekian tujuan nikah adalah keturunan yang baik, menurut penelitian unggul atau tidak unggulnya keturunan manusia itu ada pada ibunya, sedangkan hewan ada pada induk pejantannya. Orang orang besar dilahirkan dari rahim wanita besar.

(4) Jangan menikahi wanita yang rusak Akhlaqnya, karena kualitas keturunan sangat di tentukan oleh seorang ibu.

Resep yang kedua adalah saling memiliki, saling menerima dan saling melengkapi. Hal ini memberi isyarat bahwa tidak ada manusia yang sempurna maka lihatlah sisi kelebihan dari pasangannya agar kebahagiaan keluarga tetap utuh terjalin, karena sikap asli seseorang itu akan muncul ketika sudah menjadi pasangan suami istri, sebab pergaualan yang paling dekat akan memunculkan perilaku sebenarnya.

Sebagaima pepatah bijak mengatakan “Sungguh Indah gunung di lihat dari jauh tapi bila gunung itu kita datangi tidak akan nyata keindahannya. Pasangan yang sholeh akan bisa melengkapi kekurangan pasangannya”.

Resep yang ketiga adalah Prinsip Mawaddah Warahmah. Rasa mawaddah ini hanya dikhususkan bagi manusia, makhluq lain selain manusia tidak di anugrahi rasa ini.
Rasa mawaddah warahmah hanya bisa terwujud dengan cara pernikahan yang sah, serta memiliki hati yang ikhlas.

Mawaddah Warahmah bisa menjadi kenyataan bukan lagi wacana apabila seorang istri rela berkorban demi kehormatan suaminya.

Resep yang ke empat adalah muasyarah bil Ma’ruf. Memperlakukan istrinya dengan baik dan sopan. Seorang istri itu bila di didik keras maka dia akan putus, sedangkan apabila dimanja maka dia akan bengkok.

Mu’min yang sebenarnya adalah yang paling baik akhlaqnya dan yang paling baik di antara kamu adalah yang paling baik kepada isterinya.

Kemudian beliau menutup tausiyahnya dengan doa, beliau sampaikan hal ini pada acara ngunduh mantu pernikahan Mas Muhammad Ismail Al-Ascholy dengan Neng Muktafiyah Bikanafillah pada Rabu siang (17/07) di Kompleks Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Reporter: Gus Mukaffi Makki

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas