Dr. KH. Syamsul Arifin: Inilah Amalan Yang Dapat Dialirkan Pada Keluarga Yang Sudah Meninggal

asscholmedia.net – Pengajian umum, Dzikir dan Shalawat dalam rangka haul Nyai Hj. Romlah binti RKH. Imron yang bertempat di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Ahad, (14/07) malam. Acara ini diikuti oleh undangan umum (masyarakat) dan Santri putra putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil.

Bacaan Lainnya

Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin dari Jember pada saat acara tersebut menyampaikan bahwa terdapat beberapa amalan yang dapat dialirkan atau diberikan kepada orang orang tua atau keluarga yang sudah meninggal dunia.

Pertama, berdoa dan memintakan ampunan kepada Allah untuk orang yang di dalam kubur. Mengambil dari dalil inilah dikalangan masyarakat nahdiyyin muncul sebuah tradisi yang disebut tahlilan, meskipun dalam tahlilan tidak berisikan doa dan istighfar semua, tetapi diselingi dengan ayat Al-Qur’an dan kalimat tahlil.

Kedua, melanjutkan keinginan atau hajatnya yang masih belum tercapai atau janji yang masih belum terlaksana, termasuk juga melanjutkan tradisi kebiasaan yang sudah pernah dilakukan. Hal ini juga dikatakan sebuah bakti seorang anak kepada orang tua yang sudah meninggal.

Baca juga:

Ketiga, memuliakan para sahabat, dan orang tua yang masih hidup.

Dan yang terakhir, selalu menjaga silaturrahim kepada keluarga dan orang tua, dan ini juga termasuk bakti anak kepada orang tua. karena tidak mungkin ada silaturrahim jika tidak ada orang tua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 Komentar